Inilah 5 Makanan Nasional yang Ditetapkan Kemenpar

November 10, 2017

Bukan rahasia lagi jika industri kuliner memang cukup besar memberikan sumbangan pemasukan dalam ekonomi kreatif tanah air. Terbukti dengan pengeluaran sebesar 30-40 persen yang dialokasikan wisatawan untuk wisata kuliner. Untuk itu, Kementerian Pariwisata baru-baru ini menetapkan lima makanan nasional. Ini dia jenisnya!



  1. Soto


Makanan khas Indonesia yang satu ini memang sangat digemari bukan hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara juga menyukainya. Mengapa? Selain rasanya yang menggoda, variasi menunya yang beragam juga menjadikannya lebih dicari. Mulai dari daging sapi atau daging ayam menjadi salah satu campuran yang ada di setiap mangkoknya.


Nah, di Indonesia sendiri, begitu banyak jenis soto yang tersaji, ada soto Lamongan, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, coto Makassar turut mewarnai cita rasa kuliner Indonesia.


2. Sate


Kuliner yang satu ini memang diakui keberadaannya dimata dunia. Sebut saja mantan Presiden USA, Barrack Obama yang menyukai sate. Hal ini dikatakannya saat lawatannya ke Indonesia beberapa waktu silam.


Sate adalah hidangan berbahan dasar daging yang dipotong kecil dan dibakar menggunakan tusuk sate. Ditambahkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap menjadikan rasanya kian digemari oleh wisatawan.


Uniknya, sate tidak hanya berbahan dagang, ada juga sate kere di Solo yang menggunakan tahu dan tempe sebagai bahan utama. Ada juga sate Madura, sate Padang, sate Ponorogo, sate lilit, sate maranggi yang meramaikan kuliner tanah air.


3. Rendang


Untuk masakan khas Sumatera Barat ini memang memiliki rasa yang maknyus kala disantap. Rendang berbahan dasar santan kelapa dan berbagai bumbu yang dimasak hingga mengering ini memang sangat empuk kala digigit. Jadi, campuran rempah di dalamnya cukup terasa kala kita mencobanya.



  1. Nasi goreng


Masakan Indonesia yang satu ini memang tidak hanya familier di dalm negeri, namun juga disukai di Asia Tenggara. Jadi, tidak heran jika hidangan nasi yang dimasak dengan berbagai campuran, mulai dari telur, sayuran, daging ayam, hingga seafood di dalamnya ini menjadi begitu favorit di semua lidah .



  1. Gado-gado


Lebih dikenal sebagai Indonesian Salad, gado-gado menjadi begitu disukai oleh wisatawan mancanegara karena rasanya yang  patut diajungkan jempol. Makanan yang terdiri dari campuran sayur disiram bumbu kacang ini sangat menyegarkan bagi yang mengkonsumsinya. Apalgi jika memesannya dengan cabai pedas. Dijamin bakalan bikin mata melotot.


Adapun kelima makanan nasional Indonesia yang ditetapkan Kemenpar ini bedasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner.


Selain menetapkan makanan nasional, Kemenpar juga akan mempromosikan 10 restoran yang sudah ada di luar negeri yang akan diberikan insentif melalui co-branding oleh Wonderful Indonesia. (Idr/Foto: Shutterstock)


 


 


Berikan Ulasan

Menulis ulasan yang bagus dapat membantu orang lain menemukan tempat dan mengembangkan bisnis yang tepat untuk mereka:

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.