Art of Smartbisnis: Sejak Usia 20 Tahun Pria Ganteng Ini Berhasil Menjadi Pengusaha Ekspor Sukses, Ini Rahasianya

23 September 2018 04:53:36

Sejak umur 20 tahun, Lian telah berusaha keras untuk mengembangkan bisnis ekspor yang dimilikinya. Di saat banyak orang di umur 20 tahun masih terbuai dengan pergaulan, namun Lian sudah disibukkan dengan kegiatan bisnis yang dirintisnya. Menurutnya, di masa muda lah yang menjadi penentu kesuksesan di masa mendatang. Tak hanya itu, salah satu yang menjadi motivasi Lian untuk terus berjuang mengembangkan usahanya juga karena ingin mengembalikan perekenomian keluarganya yang sempat terpuruk.

Sejak hendak memasuki umur 20 tahun, Lian sebenarnya sudah pernah menggeluti pekerjaan pada umumnya. Mulai dari bekerja di perusahan jasa keuangan, bekerja di sebuah event organizer, hingga mengikuti MLM. Namun, di tengah perjalanannya, ia justru berpikir untuk mencari sebuah peluang usaha sendiri agar dirinya lebih berkembag.

Awal mula bisnis ekspor

Berdasarkan penuturannya, Lian yang merupakan kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat ini pertama kali membuka bisnis dengan berjualan beberapa jenis pakaian secara online yang diberinya nama “ Bookanstore”. Menariknya, selama merintis usaha ini, Lian kerap mendapatkan orderan dari luar negeri. Ini jugalah yang mendorong dirinya untuk membuka peluang usaha baru, yakni ekspor.

Sejak saat itulah, Lian pun mulai melirik pasar luar negeri, khususnya Hongkong, dimana banyak pesanan datang dari negara tersebut. Lebih lanjut Lian juga mengatakan bahwa untuk usaha ekspor seperti ini, para pemainnya masih sedikit. Setidaknya ada sekitar 11.000 perusahaan ataupun perorangan yang menjalankan bisnis ekspor. Sehingga menurutnya, persaingan yang ada tidak sebanyak ketika menjalankan peluang usaha lainnya. Dengan demikian, Lian pun menyadari bahwa dirinya mampu mendapatkan keuntungan puluhan kali lipat bila dibandingkan pasar dalam negeri. Secara perlahan, Lian pun mulai melebarkan sayap bisnisnya menuju Taiwan dan Korea menjual baju secara online, khususnya baju bola.

Pengembangan usaha ekspor

Setelah mengalami keuntungan yang signifikan dari bisnis ekspor baju bola, selanjutnya Lian memilih untuk merambah ekspor rempah-rempah. Kala itu, Lian berfikir bahwa rempah-rempah memiliki nilai yang lebih stabil bila dibandingkan dengan berjualan pakaian. Menurutnya, rempah-rempah adalah bahan pokok yang sangat dibutuhkan sehari-hari. sehingga omzet yang didapatkan pun bisa jauh lebih bertambah.

“seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara penghasil rempah-rempah yang cukup besar. Ini sudah terbukti sejak zaman dahulu kala, dimana banyak negara asing yang mengincar rempah-rempah di Indonesia. Sekarang, jika kita sudah tau harga, maka kita bisa menguasai para pembeli dari luar negeri. Saya optimis bisnis ini akan terus berkembang kedepannya,” ujar Lian.

Berkat keyakinan dan semangatnya, Lian pun mulai memperluas jaringannya dengan para pengusaha lainnya. Ia pun rajin untuk bertukar informasi seputar perdagangan rempah-rempah yang ada.

Kendala yang dihadapi selama menjalankan bisnis ekspor

Tentu saja, dalam setiap bisnis pasti akan ada kendala dan rintangan yang datang. Begitupun dengan bisnis yang digeluti oleh Lian. Kadangkala, ia harus puas dengan pelanggan yang berjumlah sedikit. Akan tetapi, semangatnya tidak surut. Ia pun rajin melakukan promosi untuk menarik minat pelanggan, salah satunya dengan media promosi secara digital, atau lewat internet dan sosial media.

Tak hanya masalah tersebut, Lian pun kerap dihadapkan oleh masalah ekspedisi untuk menjangkau pelanggan yang jauh. Di awal merintis, Lian pun kerap berganti-ganti ekspedisi, serta mencocokkan harga yang murah dan sesuai dengan bisnis yang ia jalani. Setelah melakukan berbagai riset, Lian pun memutuskan untuk berlanggan dengan salah satu ekspedisi yang menurutnya memiliki kualitas yang bagus serta paling murah.

Tak hanya ingin berbisnis, tapi juga ingin menjadi motivator

Meskipun sudah sukses, namun hal tersebut tidak membuat Lian besar kepala. Bahkan, ia memiliki sebuah niat mulia untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan, atau ingin menjadi seperti dirinya. Lian berniat untuk menularkan setiap ilmu bisnis yang ia miliki kepada setiap orang yang ingin belajar. Hingga kini, Lian pun kerap diundang untuk menjadi pembicara bagi kampus-kampus serta yayasan yang ada.

“Tentu saja, saya merasa puas ketika sedang berbagi dengan orang lain. Saya ingin menjadi inspirasi bagi para pemuda lainnya yang berniat membuka bisnis serupa. Dan jelas, hal tersebut pun akan mendorong perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Lalu, bagaimana dengan Sobiz? sudah mulai tertarik untuk membuka bisnis di bidang ekspor atau impor? Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, maka Sobiz bisa bergabung bersama komunitas Smartbisnis. Disini, Sobiz akan mendapatkan berbagai informasi secara mendetail tentang sebuah peluang usaha, tips dan trik mengembangkan usaha, serta dukungan dan bantuan permodalan bagi siapa saja yang hendak memulai bisnis.

Untuk itu, segera kunjungi website resmi Smartbisnis di yellowpages.co.id sekarang juga!

 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.