Business Hack: Menjadikan Hobi Anda Sebagai Awal Bisnis UMKM

19 Juli 2018 08:04:35

Mungkin sejauh ini Anda hanya berfikir, bagaimana caranya menjadikan hobi yang Anda sukai menjadi lebih menyenangkan untuk dilakukan? Padahal jika Anda berfikir lebih jauh lagi, maka Anda bisa mengubah hobi yang dimiliki menjadi sebuah bisnis yang mampu menghasilkan banyak keuntungan.







Tentu sangat menyenangkan bukan, menggeluti sebuah hobi yang dicintai namun sekaligus juga dapat menghasilkan keuntungan bagi Anda? Akan tetapi yang menjadi masalahnya sekarang adalah apakah benar hobi yang Anda miliki tersebut mampu diubah menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan? Dan bagaimana pula cara untuk memulai hal tersebut?







Tak perlu khawatir, karena kali ini Smartbisnis akan membagikan sedikit tips dan cara agar hobi yang Anda cintai mampu diubah menjadi sebuah peluang usaha yang menghasilkan keuntungan besar.  Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel selengkapnya.









Pastikan terlebih dahulu, bahwa hobi yang Anda cintai memiliki nilai jual.





Jika sudah mencintai sebuah hobi tertentu, maka untuk mengubahnya menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan Anda harus memahami terlebih dahulu, apakah hobi tersebut memiliki nilai jual dan mampu dibagikan kepada masyarakat? Pastikan faktor yang menjadi nilai jual dari hobi Anda tersebut. Jika Anda hobi melukis atau menggambar, maka pastikan dahulu gambar seperti apa yang memiliki nilai jual di mata masyarakat atau konsumen Anda nantinya.



Atau jika Anda memiliki hobi dalam menjahit, memasak dan lain sebagainya maka pastikan lagi output yang akan disukai oleh masyarakat dari hobi Anda tersebut.







Berawal dari hobi, maka ciptakan merk Anda sendiri





Sebuah hobi yang akan diubah menjadi sebuah bisnis tidak akan dikenal oleh banyak orang tanpa adanya merk dagang. Merk dagang bisa dikatakan sebagai identitas Anda dalam berkarya, namun dalam hal bisnis identitas yang dimaksud bisa mendatangkan keuntungan. Sebagai contoh, Anda yang memiliki hobi fotografi bisa saja membuka jasa foto, namun ada ratusan bahkan ribuan jasa foto yang ada di Indonesia, maka tanpa merk dagang Anda bisa saja terlupakan dan tidak dikenal oleh masyarakat luas.



Memahami secara baik siapa yang akan jadi target Anda





Satu hal yang menjadi polemik ketika mengubah hobi menjadi sebuah bisnis adalah segmentasi target market yang akan digunakan. Seperti yang kita ketahui bahwa hobi satu orang dengan yang lainnya tentu tidak lah sama, apalagi jika hobi yang Anda tekuni masih terbilang sangat terbatas disukai oleh orang-orang.



Jadi yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami dan mempelajari segmentasi dari target konsumen Anda. Di lain sisi, karena sifat hobi yang terbilang cukup terbatas, maka Anda bisa melakukan promosi secara lebih efektif dan langsung mengena kepada siapa saja yang memiliki kecintaan atau kesukaan hobi dengan Anda.





Menciptakan komunitas baru





Jika sudah bicara soal hobi, maka tidak akan bisa lepas dari yang namanya komunitas. Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kesukaan dan kecintaan yang sama akan suatu hal. Maka untuk mengembangkan bisnis dari hobi, hendaknya Anda menciptakan sebuah komunitas baru untuk menjaring target konsumen Anda.





Tak hanya untuk menjaring konsumen, tapi komunitas juga berfungsi untuk memperluas promosi Anda. Apalagi dengan kegunaan sosial media saat ini yang banyak digunakan oleh berbagai komunitas. Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan sosial media sebagai media promosi di yellowpages.co.id dan temukan berbagai macam solusi bisnis lainnya untuk Anda.







Selamat mencoba!  



 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.