Butuh Modal Cepat Untuk Memulai Bisnis UMKM? Ini Solusinya

24 Juli 2018 12:56:21

Saat ini, terdapat dua jenis orang yang berniat untuk menjadi seorang pengusaha. Yang pertama adalah mereka yang sedari dulu memiliki jiwa bisnis yang tinggi dan yang kedua adalah mereka yang bosan menjadi seorang karyawan dengan gaji pas-pasan.





Namun, menjadi seorang pengusaha ataupun pebisnis bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan keringat dan jerih payah untuk mendapatkan peluang usaha terbaik. Dan salah satunya yang tersulit adalah untuk mendapatkan modal, apalagi modal yang bisa didapat dengan waktu singkat.





Banyak orang berfikir bahwa mendapatkan modal dengan waktu yang singkat hanyalah melalui sebuah pinjaman modal mudah saja. Padahal, masih ada beberapa cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan seseorang yang ingin membangun sebuah usaha, khususnys di sektor UMKM.



Jika Anda berniat untuk memulai sebuah peluang usaha, maka berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal cepat, ala Smartbisnis. Simak selengkapnya berikut ini:









Memulai dengan sistem Joint Venture





Lupakan sejenak tentang cara mencari pinjaman modal mudah. Karena masih ada cara lain yang bisa dilakukan, antara lain seperti memulainya dengan sistem joint venture. Bagi Anda yang belum paham, joint venture adalah kegiatan membuka sebuah usaha secara bersama sama dengan beberapa orang yang memiliki visi dan misi yang sama.





Sesuai namanya, modal awal akan didapatkan dari hasil penggabungan (join) beberapa orang tersebut. Namun yang menjadi perhatian adalah, bukan hanya modal saja yang harus dilakukan secara bersama sama, namun juga dalam tanggung jawab, resiko, serta pembagian keuntungan yang sesuai.





Jika Anda tertarik dengan sistem permodalan seperti ini maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pembuatan sebuah perjanjian kerja sama secara professional yang telah disepakati oleh siapa saja yang terlibat.  



Sistem permodalan dari konsumen sendiri

Cara yang satu ini dirasa cukup manjur bagi UMKM. Maka tak heran jika di masa sekarang ini ada banyak pelaku usaha yang menggunakan cara seperti ini. Lantas, bagaimana caranya mendapatkan modal dari konsumen padahal usaha Anda belum saja didirikan?





Jawabannya adalah dengan sistem pre order, sistem jasa titip beli ataupun cara-cara lainnya. Anda bisa melihat bahwa peluang usaha UMKM secara online telah banyak yang menggunakan cara ini. Salah satunya dan yang paling banyak adalah bisnis konveksi secara online. Maka, tak perlu direpotkan dengan mencari pinjaman modal mudah bukan?

 

Sistem “Peer-2-Peer Lending”





Sementara untuk cara yang satu ini, bisa Anda dapatkan jika Anda adalah seseorang yang melek digital dan cukup paham dalam menggunakan internet. Pasalnya, sistem peer-2-peer lending adalah sistem permodalan yang bisa didapatkan calon pengusaha dari investor melalui sebuah penyedia layanan. Mudahnya, konsep seperti ini tidak jauh berbeda dengan biro jodoh.



Hanya dengan mengunjungi website penyedia layanan tersebut, maka Anda bisa “menjual” usaha Anda kepada para investor yang terdaftar disana. Selanjutnya, penyedia layanan tersebut tinggal mencocokan investor mana yang sesuai dengan usaha Anda. Jika investor tertarik, ia pun akan langsung menghubungi Anda. Cukup mudah bukan?







Bergabung bersama Smartbisnis





Ingin mendapatkan modal beserta dukungan penuh bagi perkembangan usaha Anda? Maka jawabannya adalah dengan bergabung bersama Smartbisnis. Smartbisnis sendiri merupakan platform komunitas yang disediakan oleh Telkom untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Lewat pinjaman modal, edukasi, serta berbagai dukungan lainnya, Smartbisnis dapat memberikan solusi dari setiap permasalahan bisnis Anda.





Lantas bagaimana caranya untuk mendapatkan bantuan modal atau pinjaman modal mudah dari Smartbisnis? Caranya cukup gampang. Silakan langsung mengunjungi situsnya di yellowpages.co.id dan cari tahu lebih lanjut tentang berbagai fitur yang ditawarkan untuk Anda, para pelaku usaha yang ingin berkembang.





Itulah tadi artikel singkat tentang berbagai cara mendapatkan modal mudah untuk mendirikan sebuah usaha, khususnya UMKM di Indonesia.





Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.