Dasar-dasar Dalam Membangun Sebuah Bisnis Di Era Modern

23 Oktober 2018 23:06:19

Di era modern ini memiliki bisnis memang memiliki tantangan sendiri. Perkembangan teknologi yang begitu pesat bisa menjadi keuntungan sekaligus rIsiko yang mungkin terjadi. Oleh sebab itu, Sobiz selaku pebisnis harus mengerti CARA menghadapinya.
Beberapa pakar menyebutkan, ada filosofi dalam dasar-dasar berbisnis di era modern ini yang bisa Sobiz  pelajari. Apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini:

1. Fokus

Sobiz pasti mengenal pemilik Transcorp kan?  Ya, Chairul Tanjung adalah salah satu contoh pebisnis yang sukses. Dimulai dari fokus berbisnis di media, hingga kini berkembang dengan bisnis lainnya. Fokus merupakan hal paling penting yang harus diingat. Jangan langsung mengambil semua kesempatan yang ada. Karena jika Sobiz fokus pada salah satunya, hasilnya tentu akan lebih maksimal. Setelah bisnis tersebut sempurna dan memungkinkan untuk kesempatan lain, barulah Sobiz bisa mengambilnya.

2. Pahami yang Sobiz  lakukan dan lakukan yang Sobiz  pahami

Dasar dalam membangun bisnis bukan serta merta melihat peluang dan kesempatan  yang ada. Namun, terlebih Sobiz harus menyukai dan memahami dulu apa yang akan Sobiz  lakukan. Percayalah Sobiz, bisnis bukan hanya soal uang, tetapi juga cara Sobiz bisa bahagia menjalaninya. Bahkan dalam sebuah buku berjudul "The Tipping Point" dijelaskan bahwa untuk menjadi expert, seseorang harus menempuh waktu minimal 10.000 jam untuk pekerjaannya. Ayo coba hitung, apa Sobiz  sudah termasuk dalam expert?

3. Belajarlah dari kesalahan

Setiap bisnis tentu memiliki risiko yang kadang tidak bisa diprediksi. Bahkan setelah membuat perencanaan yang matang pun, kesalahan masih mungkin terjadi. Namun, kita butuh kesalahan tersebut untuk belajar menjadi lebih baik, Sobiz. Mulai belajarlah dari kesalahan dan usahakan tidak mengulanginya kembali. Di dunia ini juga tidak ada bisnis yang sempurna, lepas dari kesalahan.

4. Bersikap seperti Startup

Kenapa bersikap seperti Startup? Kita ambil contoh perusahaan besar seperti Google. Di sana, karyawannya dibebaskan melakukan pekerjaan dengan cara apapun yang mereka mau, asalkan hasilnya nanti bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan perusahaan di Indonesia kini masih menerapkan peraturan yang ketat terkait sistem / SOP yang harus dipatuhi. Sejauh mana hal tersebut akan efektif bagi kenyamanan karyawan?

5. Solusi bisnis yang tepat

Cobalah analisa kegiatan perusahaan, lihat dari yang menyita tenaga hingga waktu, dan perhatikan biaya yang mungkin bisa diminimalisir. Pilih solusi yang tepat yang tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga pengeluaran perusahaan.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai tips usaha lainnya dan bergabung bersama Smartbisnis atau kunjungi situs yellowpages.co.id.

Semua informasi yang Sobiz butuhkan seputar peluang usaha akan dijelaskan secara detail. Yuk Kunjungi yellowpages.co.id sekarang!
 

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.