Faktor-Faktor Penting Yang Dapat Mendorong Terciptanya UMKM Daerah

16 Juli 2018 18:42:36

Sudah banyak kita jumpai artikel di internet yang membahas bahwa UMKM bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan pemerintah pun turut mendukung alasan tersebut. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah hanya UMKM di kota besar saja? Lantas bagaimana dengan peluang usaha UMKM yang ada di daerah?

Dari data Kementerian Koperasi dan UMKM di tahun 2012 hingga 2013, ditemukan fakta bahwa pertumbuhaan UMKM terus mengalami kenaikan dan berada jauh di atas pertumbuhan sektor bisnis atau peluang usaha lainnya. Dalam catatan angka ada sekitar 1,3 juta pelaku usaha dan hampir setengahnya berasal dari kota kecil di Indonesia (daerah)

Dengan menganalisa data tersebut, maka kita bisa mengetahui bahwa ada potensi yang sangat besar di sektor UMKM Indonesia. Tak jarang, berawal dari UMKM banyak pelaku usaha yang meningkatkan kelas bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Dengan pertumbuhan UMKM yang signifikan, maka hal tersebut juga mendorong sektor lain untuk berkembang.




Lantas untuk terus mendorong kesuksesan UMKM daerah, faktor apa saja yang harus diperhatikan? Berikut pun Smartbisnis akan menjabarkannya secara singkat untuk Anda. Yaitu:





Usaha dengan sistem yang sederhana

Sebenarnya, untuk memulai sebuah bisnis UMKM itu sangatlah sederhana. Entah itu untuk industri perdagangan ataupun menjual jasa. Menariknya, bisnis UMKM seringkali dibentuk dengan asas kekeluargaan serta kebersamaan, khususnya bagi UMKM yang berada di daerah. Jadi untuk mendorong sebuah UMKM di daerah dibutuhkan support ataupun dukungan dari masyarakat sekitar untuk membuatnya menjadi lebih maju dan berhasil menembus pasar nasional.



Masalah perizinan yang lebih mudah dibandingkan usaha lainnya

Berkat sifatnya yang masih berbentuk sebuah usaha perorangan dan pendapatan (omzet) yang tidak terlalu besar, maka beruntunglah bahwa sebagian besar UMKM tidak dipusingkan dengan urusan legalitas usaha seperti halnya pengurusan SIUP/TDP ataupun masalah akta dari pendirian badan usaha. Jadi jika Anda berniat untuk membangun sebuah peluang usaha dari UMKM, ya tinggal langsung buat dan jalani saja.



Hanya membutuhkan modal kecil

Banyak orang yang ingin memulai sebuah usaha, namun terkendala oleh modal yang besar. Namun nyatanya, hal tersebut tidak berlaku untuk bisnis UMKM, karena usaha ini tidak membutuhkan banyak modal dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar, serta pemerintah yang semakin memudahkan proses pendirian dan pengembangan UMKM di daerah. Jadi, urusan modal bisa dikesampingkan dan fokus pada perputaran modal kerja saja.



Itulah tadi beberapa faktor yang dapat mendorong terciptanya semakin banyak UMKM daerah. Jadi, tidak ada salahnya Anda memulainya dari sekarang dan bergabung bersama Smartbisnis untuk mendapatkan lebih banyak dukungan dan bantuan bisnis Anda. Segera kunjungi website Smartbisnis di yellowpages.co.id dan temukan banyak solusi dari setiap kendala dan permasalahan bisnis Anda. Baik yang sudah dijalani ataupun bagi Anda yang baru saja ingin memulai.

 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.