Ingin Mulai Usaha UMKM? Pahami Dulu 4 Model Usaha Berikut Ini

16 Oktober 2018 15:17:20

Ingin membuka usaha sendiri tapi masih bingung dengan ide dan konsep yang akan dilakukan. Hal seperti ini banyak sekali terjadi dan menimpa kaum muda ataupun bahkan yang sudah berumur, ketika mereka sudah bosan menjadi karyawan dan ingin menjalankan bisnis sendiri.
Hal inipun didasari atas ketidaktahuan mereka tentang kemampuan mereka sendiri. padahal jika digali lebih dalam lagi potensi yang ada pada diri kita, maka ide atau konsep untuk memulai usaha bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi jika kita membahas peluang usaha UMKM.
Dan untuk memudahkan Sobiz yang masih bingung mencari ide  dalam membuka bisnis UMKM atau peluang usaha sejenisnya, maka berikut Smartbisnis akan membagikan tips 4 model usaha yang sering digunakan oleh para pebisnis sukses. Kira-kira apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.
Model pertama: sebagai creator (produksi barang)
Bagi Sobiz yang belum tahu, creator yang dimaksud disini adalah mereka yang mampu memanfaatkan segala pengetahuan, skill, serta passion dalam dirinya,  untuk menciptakan sebuah barang atau produk baru yang nantinya sangat memiliki potensi laku di pasaran.
Konsep inilah yang paling umum dan paling sering digunakan oleh para pelaku UMKM. kita bisa ambil contoh seperti para pengrajin kerajinan tangan. Atau bagi mereka yang hobi memasak bisa membuka warung makan, dan lain sebagainya. Dengan menggali segala potensi yang ada pada diri sendiri, maka konsep ini bisa mampu mengantarkan Sobiz menuju kesuksesan bisnis.
Model kedua: consumer service ( usaha jasa)
Tak kalah menjanjikan dari model usaha yang pertama, dengan membuka sebuah peluang usaha layanan jasa, maka bisa dengan mudah memberikan keuntungan bagi Sobiz. Apalagi bagi jasa yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari, seperti misalnya gojek, jasa laundry, dan lain sebagainya.
Seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi, kebutuhan akan layanan jasa di dunia semakin meningkat. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk Sobiz memulai peluang usaha model seperti ini apalagi untuk Sobiz yang berniat untuk menjadi pelaku UMKM.
Model ketiga: selling product (penjualan produk)
Jika di model yang pertama sang pengusaha berperan sebagai pencipta dari sebuah produk, maka di model peluang usaha kali ini, sang pengusaha hanya berperan sebagai pemasar dari produk yang sudah ada kepada konsumen. karena posisinya yang langsung berhubungan dengan konsumen, maka model usaha UMKM yang satu ini sangat cocok bagi Sobiz yang menginginkan balik modal secara cepat.
Model Keempat: Business Service (pemasok kebutuhan bisnis lain)
Di model usaha  yang pertama hingga ketiga, semuanya mengarah kepada target market konsumen akhir alias pengguna dari produk tersebut. Namun di model usaha yang satu ini, lebih mengedepankan kepada kebutuhan bisnis lainnya.
Salah satunya seperti penyedia jasa pengadaan alat alat kantor, penyedia bahan garment, dan lain sebagainya yang nantinya akan bekerja sama dengan berbagai bisnis lainnya. Menariknya, di model peluang usaha ini, Sobiz bisa dengan mudah melakukan pengembangan bisnis dan ekspansi karena banyaknya relasi bisnis yang telah tercipta
Itulah tadi 4 model usaha yang harus Sobiz ketahui sebelum memutuskan untuk membuka bisnis UMKM. Jika ke empat model usaha diatas masih belum bisa membantu Sobiz untuk menemukan referensi peluang usaha yang tepat, maka Sobiz bisa bergabung bersama komunitas Smartbisnis.
Segera kunjungi website yellowpages.co.id sekarang juga untuk mendapatkan informasi terlengkap saat ini tentang peluang usaha, strategi pengembangan bisnis, hingga pinjaman modal secara mudah.

 Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.