Inilah Alasan Digitalisasi Penting Untuk Sebuah UMKM “Zaman Now”

17 Juli 2018 18:45:25

Pentingkah digitalisasi dalam sebuah perjalanan usaha, khususnya UMKM? Jawabannya sangat jelas bahwa digitalisasi itu sangat perlu bagi kelangsungan sebuah UMKM. Karena saat ini, kita sendiri tidak bisa menolak bahwa sistem digitalisasi telah memasuki setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam menciptakan sebuah peluang usaha yang menguntungkan.



Untuk mendukung pernyataan tersebut, kita bisa melihat data bahwa pengguna internet di Indonesia yang gemar berbelanja online telah mencapai sekitar 24,74 juta orang. Jika Anda memilih untuk tidak perduli dengan digital, maka Anda telah kehilangan peluang dan potensi pembelian dari  24,74 juta konsumen Anda!





Dalam sebuah data lain yang dihimpun dari salah satu media online juga disebutkan bahwa selama beberapa tahun terakhir pengguna internet di seluruh dunia lebih menyukai berbelanja online dengan alasan efisiensi waktu dan tempat. Maka tak heran jika dalam beberapa tahun terakhir pula total belanja konsumen mencapai Rp 75 triliun di seluruh dunia.



Mungkin banyak dari Anda yang bertanya,  peluang usaha UMKM apa saja yang layak untuk di-digitalisasi saat ini? Jawabannya adalah semuanya! Namun untuk sekarang, terlihat bahwa UMKM kuliner, travel, akomodasi serta jasa yang mendominasi pasar. Namun tidak menutup kemungkinan untuk jenis UMKM lainnya turut berkembang seiring dengan pemanfaatan layanan Internet yang mereka punya.





Perubahan dari UMKM konvensional menuju UMKM digital telah memberikan banyak dampak positif bagi para penggiat usaha tersebut. Alasan yang paling memberikan dampak positif adalah dengan internet, segalanya tidak lagi terhalang oleh ruang dan waktu. Degan demikian baik sang pemilik usaha ataupun konsumen di mana saja  bisa saling terhubung dengan mudah, bahkan tanpa harus bertemu.





Selain dampak di atas, ada beberapa dampak lainnya yang bisa dirasakan jika sebuah UMKM mengadaptasi konsep digital, antara lain:







Lebih menghemat biaya

Perbandingan yang paling mudah yang bisa Anda bayangkan adalah sebuah UMKM konvensional harus memiliki toko fisik ataupun tempat untuk mereka berjualan. Sementara UMKM yang berbasis digital tidak memerlukan itu semua. Pasalnya, Anda bisa berjualan di mana saja dan kapan saja tanpa harus mempermasalahkan biaya sewa bangunan dan lain sebagainya.



Yang terpenting, aset pertama yang harus Anda miliki ketika ingin menciptakan sebuah UMKM berbasis digital adalah sebuah website ataupun akun sosial media bisnis Anda, serta berkonsultasi dengan orang-orang yang ahli dalam melakukan pemasaran di internet yang bisa Anda temukan salah satunya di yellowpages.co.id yang siap membantu UMKM Anda untuk berkembang di ranah digital.







Lebih mudah melakukan promosi

Berkat bantuan internet, maka Anda bisa lebih mudah dalam memasarkan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan dari UMKM milik Anda. Menariknya, proses promosi di internet akan jauh lebih efektif dan jauh lebih murah bila dibandingkan cara promosi konvensional. Jika secara konvensional Anda harus bergelut dengan spanduk, poster, baliho dan lain sebagainya, maka di digital Anda tak perlu itu semua.





Bahkan di internet, Anda bisa lebih mudah menargetkan siapa saja konsumen yang ingin Anda capai. Mulai dari jenis kelamin,  asal mereka, hingga umur konsumen tersebut. Dengan segala manfaat itu lantas mengapa Anda tidak beralih ke digital sekarang juga?



Menjaring banyak konsumen

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan semakin canggihnya teknologi seperti internet, maka hal tersebut telah mengubah perilaku masyarakat untuk tidak lagi menginginkan sesuatu yang ribet dan lama. Dengan demikian, jangan heran jika ada banyak orang yang berbelanja online setiap harinya, dengan alasan bahwa mereka bisa melakukan pembelian di mana saja dan kapan saja mereka mau. Tentu saja ini juga akan berpengaruh pada banyak peluang usaha UMKM.



Jika sudah begitu, maka orang-orang tidak lagi mau berjalan menuju sebuah toko untuk membeli sesuatu. Dengan pola masyarakat seperti ini, sudah saatnya Anda memanfaatkan digital bagi kebutuhan bisnis Anda.





Jadi kesimpulannya, mulainya beralih menuju digital dan dapatkan lebih banyak keuntungan serta kemudahan dalam berbisnis ketimbang Anda hanya menjalankannya secara konvensional.









Selamat mencoba!

 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.