Mengenal Perbedaan Bisnis Konvensional VS Digital, Lebih Efektif Mana?

22 Juli 2018 17:38:58

Hingga saat ini, masih banyak yang bertanya-tanya tentang peluang usaha manakah yang lebih menjanjikan? Apakah bisnis konvensional dengan cara lama (offline) ataukah bisnis yang memanfaatkan digital (online) yang saat ini tengah naik daun? Khususnya di Indonesia, perkembangan bisnis online seperti e-commerce dan lain sebagainya telah berkembang dengan sangat cepat. Lantas, apakah ini mengancam para pebisnis konvensional yang telah lebih dahulu memulai usahanya?





Tak hanya itu, peluang usaha secara digital juga dinilai lebih banyak saat ini ketimbang memilih bisnis konvensional yang membutuhkan banyak modal. Lantas, apakah bisnis UMKM yang nota bene dengan modal kecil mampu bersaing di ranah bisnis online?





Agar tak membingungkan, berikut Smartbisnis akan membagikan sedikit informasi singkat mengenai perbedaan antara bisnis online dan konvensional beserta dampaknya. Simak selengkapnya berikut ini.









Perbedaan antara bisnis online vs bisnis konvensional (offline)







1. Bisnis Online





Bisnis online hingga saat ini bisa dikatakan sebagai sebuah kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan lewat peran media digital seperti internet agar dapat meraih keuntungan penghasilan sebanyak-banyaknya.





Keuntungan dari bisnis Online:




Memiliki jangkauan pemasaran atau promosi yang lebih luas, lebih tidak terbatas terhadap suatu daerah ataupun waktu.



Mampu menjangkau setiap konsumen secara efektif bahkan hingga ke wilayah yang terpencil, asalkan memiliki akses internet.



Sebaliknya, jangkauan juga bisa dilakukan dari daerah yang terpencil bahkan menuju internasional dengan mudah



Transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asal memiliki akses internet yang baik.



Tidak membutuhkan modal besar, karena tidak memerlukan biaya penyewaan tempat dan sebagainya.









Kekurangan dari bisnis Online:




Produk yang tidak dapat dilihat langsung oleh konsumen, sehingga tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli masih belum kuat.



Masih marak terjadi kasus penipuan yang melibatkan bisnis online, sehingga peluang usaha secara online masih rawan akan penipuan baik dari pembeli ataupun penjual.



Membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengirimkan produk kepada konsumen, sehingga lebih memakan waktu.







2. Bisnis Konvensional (offline)





Sebuah bisnis konvensional ataupun yang sering disebut juga sebagai bisnis offline merupakan sebuah kegiatan transaksi jual-beli secara langsung dengan mempertemukan antara penjual dan pembeli di sebuah tempat dengan bertatap muka.









Kelebihan bisnis Konvensional




Para pembeli dapat dengan mudah melihat langsung produk yang diinginkan sehingga mengetahui dengan pasti kualitas serta kuantitas yang ada dari toko tersebut, sehingga tidak ada keraguan.



Memiliki lebih banyak stok produk bila dibandingkan dengan bisnis online.



Memiliki sebuah tempat usaha fisik, sehingga ketika terjadi kesalahan setelah transaksi pembeli bisa kembali menuju toko untuk melakukan pengaduan.  



Lebih mampu menjaga kepercayaan, kualitas serta loyalitas konsumen, karena minimnya penipuan yang terjadi.









Kekurangan bisnis Konvensional:




Media promosi serta jangkauan pemasaran yang terbatas dalam suatu daerah,  sehingga untuk memperluas pemasaran dibutukan pembukaan cabang baru di daerah lain.



Masih membutuhkan modal yang lumayan banyak untuk membangun sebuah usaha konvensional, salah satunya adalah urusan kepemilikian tempat usaha.



Masih direpotkan dengan segala urusan perizinan mendirikan usaha.







Kesimpulan





Setelah melihat perbandingan peluang usaha di atas, maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa untuk pemasaran yang efektif serta keuntungan, maka peluang usaha secara online lebih menjanjikan. Hal seperti ini sangat cocok bagi Anda yang hendak memulai bisnis UMKM, ataupun usaha lainnya dengan modal yang sedikit.





Akan tetapi, jika melirik segi keamanan dan kepercayaan konsumen maka bisnis secara offline atau konvensional adalah yang paling pas. Dan bisnis seperti ini cocok Anda lakukan jika memiliki modal yang cukup besar. Namun yang harus Anda ingat, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka era digital pun tak bisa ditolak, sehingga mau tak mau bisnis offline yang Anda miliki harus bisa diintegrasikan secara online.





Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara efektif mengintegrasikan antara bisnis offline menuju online, maka Anda bisa langsung bergabung bersama Smartbisnis dengan mengunjungi website yellowpages.co.id dan temukan berbagai macam informasi, tips dan trik untuk kemajuan usaha Anda.



Semoga bermanfaat!

 


copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.