Tips Ampuh Menciptakan Strategi Pemasaran "Mulut ke Mulut"

25 September 2018 20:13:11

Di zaman digital saat ini, pemasaran dari mulut ke mulut masih menjadi strategi promosi yang efektif. Tidak hanya melalui obrolan secara langsung, bahkan hal ini masih berlanjut di dunia digital dengan review-review seputar produk ataupun peluang usaha di sosial media. Pastinya Sobiz pernah mencari testimoni atau review sebuah produk  melalui sosial media bukan?

Strategi pemasaran dari mulut ke mulut atau Word of Mouth (WOM) merupakan sebuah cara komunikasi yang dilakukan oleh seseorang pembeli yang telah berpengalaman menggunakan suatu produk barang atau jasa tertentu. Pembeli selaku pemberi pesan akan menyampaikan pendapatnya seputar produk kepada si penerima pesan. Disini, si penerima pesan tidak akan merasa mendapatkan informasi produk secara komersial, tetapi hanya berupa informasi untuk menambah pengetahuan tentang produk dengan pengakuan jujur si pembelinya.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa strategi pemasaran  peluang usaha dari mulut ke mulut ini dapat berperan penting dalam meningkatkan minat konsumen. Hal ini dikarenakan banyak orang yang lebih percaya untuk mencoba sesuatu setelah direkomendasikan oleh orang-orang terdekatnya.

Penasaran bagaimana menciptakan strategi pemasaran mulut ke mulut? Berikut beberapa tips ampuh yang bisa Sobiz coba ala Smartbisnis:

1.Berhubungan baik dengan pelanggan

Menjalin hubungan baik dengan pelanggan bisa membuat branding produk yang baik juga bagi pelanggan. Ada beberapa cara untuk dapat berhubungan baik dengan pelanggan, misalnya menelfon menanyakan kualitas produk atau jika beberapa pelanggan merasa risih di telfon, Sobiz bisa memanfaatkan email. Dengan email Sobiz juga bisa memberikan semacam survey kecil-kecilan juga yang bisa diisi pelanggan seputar produk yang ia beli. Sobiz juga bisa mendapat masukan tentang produk dari pelanggan

2. Menawarkan pengalaman seru bagi pelanggan

Sobiz, untuk menciptakan strategi pemasaran mulut ke mulut, Sobiz perlu menawarkan sesuatu yang berbeda bagi pelanggan. Hal ini bisa dilihat dari kualitas, harga, kemasan, atau juga cara penggunaan yang menciptakan pengalaman seru bagi pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan akan mempercayai produk Sobiz dan loyalitasnya pun gampang didapat. Jika loyalitas pelanggan sudah di tangan, mereka pun akan dengan senang hati menceritakan pengalamannya pada kerabat terdekat.

Misalnya, memberikan free produk untuk pelanggan yang membeli dalam jumlah tertentu “buy 2 get 1” atau membuat paket-paket hemat untuk produk kecantikan pada momen tertentu, sehingga stoknya sangat terbatas. Bisa juga membuat kemasan produk yang unik yang membuat pelanggan ingin membagikan cara menggunakannya di media sosial.

3. Melibatkan banyak orang dalam promosi

Pikirkan cara promosi yang nantinya mampu melibatkan banyak orang. Biasanya ide yang unik akan mudah dibicarakan dan memancing rasa penasaran orang untuk mencobanya. Sobiz bisa berinovasi dengan produk yang tadinya biasa saja dan banyak di pasaran, menjadi produk dengan nilai yang dicari orang.

Misalnya, kue cubit yang dulunya bentuknya biasa saja dan topingnya hanya coklat, kini diinovasikan dengan rasa greentea dan toping yang lebih beragam. Atau jika Sobiz mempunyai bisnis cafe, Sobiz juga bisa menawarkan dekorasi yang beda dari kafe-kafe lainnya. Sehingga konsumen yang datang tak kuasa untuk mengabadikan momen di kafe Sobiz dan membagikannya di media sosial.

Dua keuntungan yang bisa didapat dari strategi pemasaran dari mulut ke mulut, yaitu mendapatkan loyalitas konsumen dan pelanggan yang loyal akan mengajak pelanggan baru lagi nantinya untuk mencoba produk. Bagaimana? Tertarik dengan strategi pemasaran dari mulut ke mulut ini untuk bisnis Sobiz, Sobiz?

Jika masih bingung, Sobiz bisa mencari informasi lebih lanjut dengan bergabung bersama Smartbisnis atau kunjungi situs yellowpages.co.id.

Tenang saja, di sini akan dijelaskan secara detail tentang strategi pemasaran serta peluang usaha yang pas untuk Sobiz. Tunggu apalagi? Kunjungi yellowpages.co.id sekarang juga!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.