Tips dan Artikel

3 Cara Memulai Usaha Bisnis di Indonesia

2018 January 02 18:35

Memiliki bisnis yang baik bisa mendatangkan banyak keuntungan. Tidak hanya untuk pemiliknya, tapi juga untuk orang lain yang membutuhkan pekerjaan, sehingga mengurangi jumlah pengangguran. Di Indonesia, ada banyak peluang bagi para pemula bisnis.

Berikut adalah beberapa tip untuk kamu yang ingin memulai usaha di Indonesia.
Menghadiri Seminar Kewirausahaan

Saat ini, seminar kewirausahaan sangat populer. Menghadiri seminar sebanyak yang kamu bisa karena mereka biasanya memiliki tamu atau pembicara yang berpengalaman di bidang ini. 

Juga, cobalah untuk mengajukan pertanyaan mengenai bisnis yang kamu minati sehingga kamu bisa lebih siap dan menjadi pengusaha/wanita yang lebih baik.
Jual Produk Unik

Carilah produk unik dan terdiferensiasi dengan baik yang dapat kamu tawarkan kepada calon konsumen. Misalnya pergi ke berbagai daerah di Indonesia dan jelajahi barang dan makanan tradisional mereka. 

Dari tempat-tempat ini, kamu bisa langsung menjual langsung dari para pedagang atau terinspirasi untuk menciptakan ciptaan kamu sendiri. 

Jika kamu tidak dapat menghasilkan kreasi unik, pilihlah produk non-musiman. Perhatikan bahwa untuk segala jenis produk, pastikan kualitasnya dipelihara dengan baik agar tidak mengecewakan.
Bisnis Online

Jika kamu tidak memiliki cukup sumber daya untuk memulai bisnis besar atau membangun toko batu bata dan mortir, mungkin kamu mempertimbangkan untuk memulai bisnis online, yang saat ini sedang booming di Indonesia.

Salah satu alasan fenomena ini adalah karena relatif lebih mudah untuk memulai, walaupun tidak harus lebih mudah. Bisnis e-commerce biasanya memerlukan platform khusus bagi kamu untuk menjual produk kamu, baik dari situs web berbayar atau gratis. 

Situs gratisan masih menjadi pilihan yang masuk akal untuk pemula. Namun, jika kamu memilih untuk memanfaatkan platform berbayar, yang biasanya dilengkapi dengan model berlangganan, kamu harus selalu ingat untuk memperbarui langganan sehingga situs web selalu tersedia untuk kamu dan yang terpenting, pelanggan kamu.

Semua dalam semua, sebagai pengusaha bisnis online, kamu juga harus rajin mempromosikan bisnis kamu secara menyeluruh melalui berbagai saluran online termasuk platform media sosial.(akw)
(***)
Penulis: Ajeng Kusuma Wardhani
Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.