Tips dan Artikel

3 Cara Menyulap Ban Bekas Menjadi Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

2018 August 01 13:10

Peluang usaha daur ulang barang bekas memang terus mengalami peningkatan, khususnya di sektor UMKM Indonesia. Setiap tahunnya, ada saja orang-orang yang berfikiran kreatif untuk mengubah sebuah barang bekas menjadi sebuah peluang usaha yang mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda dengan modal sedikit, termasuk dalam memanfaatkan ban bekas yang didaur ulang menjadi beragam mebel atau furniture yang menarik dan layak pakai. 

Dan Dalam kesempatan kali ini, YellowPages pun akan mengajak Sobiz sekalian untuk mengetahui kira-kira apa saja yang bisa dilakukan dengan ban bekas sehingga menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan? Dan Berikut YellowPages akan menyajikan 3 cara menyulap ban mobil bekas menjadi peluang usaha mebel dan furniture yang menguntungkan. 

1. Menyulap ban bekas menjadi perabotan rumahan

Tak butuh modal yang besar untuk mengubah sebuah ban bekas menjadi perabotan atau furnitur rumahan. Hanya dengan sedikit kreatifitas dan ketrampilan maka Sobiz sudah bisa mengubahnya menjadi berbagai perabotan atau furnitur di dalam rumah dengan nilai jual yang tinggi. Sebut saja seperti tempat sampah, kursi dan masih banyak lagi. Uniknya, banyak para pelaku UMKM yang telah berhasil mengekspor kerajinan mereka tersebut ke pasar global.

Memang, untuk menekuni usaha yang satu ini dibutuhkan sedikit ketrampilan dan keahlian khusus. Jadi tak ada salahnya untuk belajar terus menerus dalam mengolah ban bekas tersebut. Jika

Sobiz memutuskan untuk menggunakan karyawan dalam menjalankan peluang usaha seperti ini, maka karyawan tersebut pun harus dilatih agar memiliki kemampuan dan keahlian yang serupa.

Jika berbicara mengenai proses, maka pengolahan ban bekas terbilang cukup mudah. Untuk awalnya, ban bekas tersebut dipilih dan dipisahkan antara yang berkualitas atau tidak, untuk selanjutnya di bawa ke pabrik dan dikuliti agar diambil bahan utamanya, yakni karet ban yang halus.

Setelahnya, barulah karet ban halus tersebut diolah sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai furnitur ataupun perabotan rumahan. Jika berbicara mengenai harga jual, maka kisaran harga yang bisa Sobiz jual per barangnya adalah sekitar Rp65 ribu hingga Rp75 ribu. 

2. Menciptakan Sofa kantoran yang elegan

Siapa yang sangka sofa-sofa di perkantoran ataupun restoran mewah bisa saja berasal dari pengolahan ban bekas? Ya benar, ada banyak sofa yang terlihat mewah dan elegan pada dasarnya merupakan hasil daur ulang dari sebuah ban bekas. Dengan menambahkan sedikit busa, serta beberapa pondasi kayu, maka terciptalah sofa yang empuk dan berkelas.

Untuk menciptakan kreasi peluang usaha seperti ini yang perlu Sobiz lakukan hanyalah

mengkombinasikan ban bekas yang telah diolah dengan beberapa sisa kulit jok. Dengan sedikit kreatifitas serta keunikan yang Sobiz miliki, maka sofa bergaya klasik dan elegan bisa Sobiz jual dengan harga yang cukup mahal loh!

3. Kreasi aksesoris penampilan

Meskipun sampai saat ini peluang usaha UMKM daur ulang ban bekas masih didominasi oleh perabotan dan furnitur, namun bukan berarti Sobiz tidak bisa berkreasi dengan cara yang lain. Setidaknya ada beberapa peluang usaha seperti pembuatan sandal, ember dan lain-lain yang bisa Sobiz lakukan. Namun daripada memikirkan yang sudah ada, akan jauh lebih baik jika Sobiz menciptakan sesuatu yang baru, yaitu aksesoris penampilan dari ban bekas.

Diantaranya seperti gelang, kunci, tas, dompet hingga berbagai aksesoris lainnya yang berasal dari daur ulang ban bekas. Jika sudah dikreasikan seperti ini, maka Sobiz bisa menjualnya ke pasaran dengan harga yang cukup tinggi loh! Setidaknya harga yang jual yang bisa Sobiz tawarkan sekitar Rp200 ribu hingga Rp450 ribu, tergantung dari kualitas bahan yang Sobiz gunakan. Bagaimana, berminat?

Sebenarnya masih ada lebih banyak kreasi dari daur ulang ban mobil bekas yang bisa Sobiz kreasikan lebih lanjut. Namun yang jelas, semuanya membutuhkan kreatifitas serta keuletan dalam hal menekuninya. Dan di YellowPages, semuanya bisa dilakukan dengan berbagai bantuan yang disediakan. Mulai dari peminjaman modal mudah, hingga informasi terlengkap serta solusi tentang cara berbisnis dengan baik. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung mengunjungi YellowPages dan temukan solusi dalam berbisnis yang Sobiz cari selama ini.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat! 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.