Tips dan Artikel

3 Faktor Penting Dalam Merintis Bisnis UKM

2019 July 05 08:51

Ketertarikan masyarakat dalam membuka bisnis UKM tak hanya melanda golongan pekerja yang sudah bosan menjadi karyawan. Anak-anak muda saat ini pun sudah berlomba merintis bisnis UKM. Umumnya usaha yang mereka jalankan mengincar pasar anak muda juga. Modal utama merintis bisnis UKM ini adalah kreativitas, passion dalam berbisnis atau suatu bidang tertentu, serta pengetahuan yang mencukupi untuk memulai suatu bisnis. Nah, bagi YPagers yang hendak merintis bisnis UKM berikut ada 3 faktor yang patut diperhatikan.

1. Buat Usaha yang Unik dan Belum Ada

Kreativitas dalam berbisnis sangat diperlukan agar YPagers bisa menciptakan usaha unik yang belum pernah ada. YPagers dapat memanfaatkan teknologi internet atau media lain untuk melihat-lihat potensi sumber daya yang dapat YPagers kembangkan sebagai bisnis. Meski baru dan berbeda terkadang tak semuanya bisa jadi unik dan menarik. Hal terpenting ialah memerhatikan kebutuhan pasar dan pastikan produk YPagers memiliki nilai jual yang baik.

2. Ciptakan Usaha Populer jadi Berbeda

Seandainya YPagers memiliki ide dan kreativitas yang terbatas jangan memaksakan diri untuk membuka usaha yang unik dan berinovasi. Ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu mengadopsi usaha yang sudah lebih dahulu populer dan membuatnya jadi ciri khas bisnis YPagers. Misalnya, bisnis pakaian, makanan kecil hingga kafe. Ingat untuk membuat produk YPagers berbeda dari usaha lain yang sudah ada maka jangan terlalu mengadopsinya 100 persen. YPagers bisa membedakannya dari segi kualitas dan kuantitas produk yang dijual.

3. Tekuni Kegemaran dan Hobi

Bisnis yang dimulai dari rasa kegemaran maupun hobi biasanya akan lebih bertahan lama. Hal ini disebabkan saat menjalani bisnis tersebut, YPagers memang menyukai bidangnya. Apalagi hobi YPagers jika dikembangkan ternyata bisa berbuah jadi keuntungan. Dan yang jadi nilai tambah adalah dengan memiliki hobi atau kesukaan tertentu membuat YPagers memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang tersebut. Pengetahuan yang baik merupakan modal dalam membuka usaha. Kebanyakan perusahaan besar yang dulunya hanya dimulai dari industri rumah kecil-kecilan berawal dari sebuah kegemaran yang ditekuni.

Apabila sudah menerapkan ketiga faktor di atas, maka bersiap-siaplah membuka bisnis UKM. Jangan menunda terlalu lama karena kesempatan tidak akan datang untuk yang kesekian kalinya. Selamat berbisnis!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.