Tips dan Artikel

3 Tips Membangun Kembali Bisnis Setelah Libur Panjang

2018 July 01 07:31

Libur panjang Idul Fitri baru saja kita lalui bersama. Banyak pekerja, karyawan hingga pemillik usaha besar maupun UMKM, memilih meninggalkan sejenak rutinitas berbisnis untuk sekadar berlibur atau berkumpul bersama keluarga. Terdengar menyenangkan bukan? Tapi bagaimana dengan keadaan setelah liburan berakhir?

Dengan adanya libur panjang tersebut, tentu saja bisnis atau usaha yang dijalankan sempat mengalami vakum sementara. Lantas, bagaimana cara menjalankan kembali usaha Anda menjadi optimal seperti biasanya bahkan menjadi lebih baik lagi? Berikut YellowPages akan membagikan tips khusus untuk Anda:

1. Melakukan Evaluasi Anggaran

Selama masa liburan panjang dan berhenti sejenak dari usaha atau bisnis yang Anda jalankan tentunya mengurangi produktifitas serta keuntungan yang dihasilkan. Saat liburan telah usai, maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan pengecekan atau evaluasi satu per satu anggaran usaha Anda.

Anda dituntut untuk terbuka serta teliti dalam menentukan mana saja yang harus segera diperbaiki, ditambah, maupun dikurangi dalam setiap anggaran belanja usaha. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan proyeksi singkat anggaran baru untuk 2-3 bulan ke depan.

2. Melakukan meeting singkat dengan karyawan

Jika Anda adalah seorang pemilik usaha yang memilih untuk tetap menjalankan bisnis selama liburan, maka setelah libur panjang selesai yang harus Anda lakukan adalah melakukan meeting singkat dengan para karyawan atau pekerja. Tujuannya untuk membahas apa saja yang terjadi selama Anda tidak ada di tempat. Setiap laporan karyawan akan sangat bermanfaat untuk memulai kembali bisnis setelah libur panjang usai.

Begitu pula jika Anda memilih untuk menghentikan seluruh roda bisnis selama libur panjang, maka meeting bersama karyawan tetap dilakukan guna membahas agenda yang akan dilakukan ke depan, mengingat usaha Anda sempat mengalami perlambatan selama masa libur panjang kemarin.

3. Fokus pada perencanaan

Libur panjang mungkin menjadi salah satu cara untuk Anda melepas penat dari segala rutinitas. Namun bagi para pengusaha sukses, waktu libur panjang juga bisa dijadikan sarana mencari ide dan referensi dalam melakukan perencanaan selanjutnya pada sebuah bisnis demi meraih lebih banyak keuntungan.

Untuk itu, jika hari libur telah selesai maka pastikan segala ide perencanaan tersebut mulai Anda eksekusi satu persatu bahkan bisa dimulai di hari pertama setelah liburan berakhir. Dengan fokus pada perencanaan, maka bisnis atau usaha yang sempat vakum akan segera kembali bangkit.

Jika Anda masih ingin mencari ide, referensi, solusi dan segala macam informasi yang lebih banyak mengenai kesuksesan dalam berbisnis atau berwirausaha, maka Anda bisa bergabung dalam komunitas YellowPages dengan mengunjungi website: YellowPages.

Di YellowPages, Anda akan dibantu untuk memajukan bisnis yang dijalankan sekaligus menjadikan Anda sebagai seorang pemimpin, seorang wirausahawan yang sukses dalam membangun sebuah usaha.

Demikianlah artikel singkat mengenai tips membangun kembali bisnis Anda setelah libur panjang. Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.