Tips dan Artikel

4 Tips Memanfaatkan Momen Liburan Untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis UMKM

2018 July 02 07:56

Momen liburan menjadi salah satu waktu yang sangat dinantikan oleh semua orang, termasuk dalam urusan promosi sebuah usaha atau bisnis yang sedang dijalankan. Betapa tidak, momen liburan menjadi salah satu peluang emas untuk meningkatkan omzet secara signifikan.

Menariknya, momen liburan bisa Anda manfaatkan meskipun usaha yang Anda jalankan tidak ada kaitannya sama sekali dengan liburan tersebut, bahkan untuk bisnis UMKM sekalipun,  mengingat pola masyarakat yang cukup konsumtif jika sudah memasuki waktu liburan.

Untuk itu, kali ini YellowPages akan membagikan sedikit tips menarik dalam memanfaatkan momen liburan sebagai salah satu cara Anda meningkatkan omzet. Kira-kira seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Menandai setiap liburan yang ada di Kalender

Sebelum memulai seasonal marketing atau pemasaran khusus di saat-saat tertentu seperti liburan, maka yang harus Anda pastikan terlebih dahulu adalah mengetahui kapan saja musim liburan itu ada. Untuk itu, Anda diharuskan untuk menandai atau mencatatnya di Kalender kerja Anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih mudah mempersiapkan dan merancang segala ide ataupun teknik pemasaran yang akan dilakukan bila musim liburan tersebut tiba.

2. Memberikan penawaran harga khusus

Salah satu cara paling klasik dan paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memberikan penawaran harga khusus terhadap konsumen Anda dalam rangka momen liburan. Sebut saja seperti potongan harga yang sukses menarik perhatian konsumen ketika memasuki liburan seperti lebaran, natal maupun tahun baru.

Bagi Anda para pelaku bisnis UMKM, yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu jenis produk yang akan Anda diskon beserta jumlahnya. Setelahnya, Anda hanya perlu menyiapkan materi promosi saja.

3. Menggali kreatifitas dan perhatian lebih terhadap konsumen Anda

Momen liburan juga bisa menjadi sarana untuk Anda memberikan perhatian lebih terhadap konsumen ataupun pelanggan. Ingat! Pelanggan sangat suka diberi perhatian khusus. Jadi, manfaatkan liburan sebagai cara untuk mengapresiasi kesetiaan pelanggan Anda. Gali ide-ide yang lebih kreatif untuk menunjukkan perhatian tersebut kepada mereka. Misalnya, setiap pembelian yang dilakukan akan mendapatkan “hadiah” kecil untuk mereka. Sangat sederhana, namun memberikan dampak yang besar bagi sebuah bisnis.

4. Melakukan pemasaran lewat Sosial Media

Sosial Media kini telah menjadi peranan penting bagi pemasaran sebuah usaha, khususnya bagi UMKM. Betapa tidak, Sosial Media kini telah menjadi sarana pemasaran yang paling murah dan paling cepat jangkauannya bila dibandingkan dengan cara lainnya. Apalagi menuju musim liburan, Sosial Media akan menjadi media yang sangat tepat untuk menarik perhatian konsumen Anda.

Di saat akan memasuki musim liburan, cobalah untuk melakukan sebuah kegiatan kecil yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan seperti misalkan mengadakan kontes berhadiah di Facebook maupun Instagram bisnis Anda, melakukan pemasaran khusus atau hanya sekedar mengangkat testimoni positif dari pelanggan Anda sebelumnya. Yang terpenting, selalu manjakan followers Anda.

Kesimpulan

Dengan datangnya musim liburan, akan berdampak juga terhadap peningkatan penjualan ataupun layanan yang Anda tawarkan. Dengan memahami serta menerapkan teknik pemasaran yang baik dan benar, maka bisnis UMKM sekalipun akan dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Yang terpenting, selalu pastikan Anda dan tim selalu terlibat dalam berbagai momen liburan tersebut.

Dapatkan lebih banyak informasi  serta solusi seputar berbisnis, wirausaha, UMKM dan lain sebagainya dengan bergabung bersama YellowPages. Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung mengunjungi website www.YellowPages.co.id dan temukan rahasia sukses berbisnis sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.