Tips dan Artikel

5 Fakta Menarik Tentang Batik. Yuk Kita Bahas Di Hari Batik Nasional!

2020 October 02 08:23

Sebagai warga negara Indonesia pasti bangga sekali y ajika kita mengenakan pakaian batik. Karena batik merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang sudah diakui dunia melalui UNESCO pada 2 Oktober 2009. Selain itu ada fakta-fakta menarik tentang batik yang saying kalua dilewatkan nih, YPagers. Yuk disimak!

  • Asal nama batik

Tahu tidak? Kalau dibalik nama batik ternyata ada makna yang tersimpan di dalamnya lho! Kata Batik berasal dari gabungan antara dua bahasa Jawa amba yang artinya menulis dan tik yang artinya titik. Bila digabung dan diartikan, kata batik berarti menulis titik.

  • Teknik pembuatan batik

YPagers pasti sudah tahu kan bahwa zaman dahulu batik dibuat dengan cara dilukis di atas kain menggunakan sebuah alat yang disebut canting. Ternyata proses pembuatan batik selalu diawali dengan huruf “N”. Namun sekarang pembuatan batik adalah tulis, cap, dan printing.

  • Salah satu penyumbang devisa yang besar

Tak hanya di dalam negeri, batik juga banyak diminati hingga ke mancanegara. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh dunia yang mengenakan batik. Mulai dari Nelson Mandela, Heidi Klum, bahkan hingga Kate Middleton. Tak hanya itu, perancang kelas dunia pun pernah menggunakan batik untuk rancangan mereka.

  • Pertama kali batik dikenal dunia

Pertengahan tahun 80-an Presiden kedua Republik Indonesia, Bapak Soeharto, menjadikan batik sebagai cinderamata untuk para tamu kenegaraan. Beliau juga pernah mengenakan batik saat menghadiri konferensi PBB.

  • Mulai menjadi fashion mode dunia

Putri Indonesia tahun 2017, Bunga Jelitha Ibrani, membawa batik ke ajang Miss Universe 2018. Batik yang dikenakannya saat itu adalah batik Banyuwangi.

Nah, YPagers! Saat ini batik menjadi fashion mode yang juga banyak digemari oleh anak muda. Tak hanya sebagai pakaian, batik juga digunakan untuk tas, dompet, bahkan hingga furniture lho! Bagaimana YPagers, tertarik untuk berbisnis batik?

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.