Tips dan Artikel

5 Hal Ini Bisa Bantu Tingkatkan Imun di Tengah Pandemi untuk Lansia

2020 December 28 08:11

Kesehatan lansia perlu mendapat perhatian ekstra di tengah pandemi karena tergolong kelompok yang rentan terpapar virus Covid-19. Sistem imun dalam tubuh mengalami penurunan seiring bertambahnya angka di usia lanjut yang menyebabkan lansia beresiko tinggi terpapar virus dan berbagai penyakit. Oleh karena itu kesehatan lansia perlu perhatian ekstra. 5 hal ini bisa bantu tingkatkan imun lansia di tengah pandemi, YPagers. Yuk disimak!

  1. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan system imun tubuh, termasuk untuk lansia. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh lansia antara lain:
    • Berjalan kaki setiap hari yang dapat mengurangi resiko sakit jantung untuk lansia usia 50 sampai 70 tahun.
    • Yoga bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat menyegarkan jiwa dan pikiran. Cocok untuk lansia umur 50 tahun ke atas.
    • Aerobik dapat membantu lansia untuk membakar kolesterol jahat serta menjaga kelenturan dan kesehatan sendi.
  2. Penuhi kebutuhan vitamin D dengan cara berjemur di pagi hari. Selain minum susu maupun suplemen vitamin, berjemur sangat disarankan untuk pemenuhan kebutuhan vitamin D. Lakukan selama 5-10 menit sebulum pukul 10 pagi. Jangan lupa gunakan sunscreen agar kulit tetap terlindungi ya.
  3. Tidur dengan jadwal yang teratur sangat penting bagi lansia untuk menjaga imunitas tubuh. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan efektivitas respon sel T yang berfungsi untuk melawan virus da bekerja melindungi tubuh.
  4. Hindari stress dan berpikirlah positif. Karena takhanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun berpengaruh besar tehadap imunitas tubuh. Lakukan kegiatan menyenangkan yang dapat melepas hormone serotonin sehingga bisa membuat lansia lebih bahagia.
  5. Penuhi asupan nutrisi sebaik mungkin. Hindari asupan yang dapat mengganggu kesehatan lansia seperti kafein dan alkohol. Perbanyak konsumsi makanan kaya nutrisi, khususnya yang memiliki kandungan protei dan serat, serta rendah laktosa.

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.