Tips dan Artikel

5 Tempat Makan Soto Paling Nagih di Jakarta!

2018 February 22 16:51

Jakarta punya gaye, begitu lah istilahnya. Ya Jakarta menjadi kota besar di Indonesia. Sesuai dengan istilahnya, di Jakarta punya banyak ragam gaya, budaya, serta kuliner.

Gak heran, semakin banyak usaha kuliner didirikan di Jakarta oleh penjajak pengusaha yang memang asli orang Jakarta ataupun perantauan bertempat tinggal di Jakarta.

Begitu banyak kuliner dari luar kota dan luar negeri membuka gerai di berbagai outletnya di Jakarta. 
Seperti kuliner Soto memang bukan khas betawi asli, makanan ini punya ragam nama yang juga culture yang berbeda, soto betawi misalnya, atau soto mie bogor? Kalian ada yang tahu dari manakah asal kedua soto itu?

Nah bukan tentang soto betawi atau soto mie bogor yang ingin kami sampaikan, melainkan di Jakarta yang terkenal kekayaan kulinernya yakni soto.

Makanan satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pinggir jalan. Perpaduan nasi hangat dengan kuah yang sedap dan tambahan sambal menggugah selera deh. 

Nah bagi kamu yang sedang main ke Jakarta atau orang Jakarta yang sedang mencari kulineran soto ter-enak di wilayahnya wajib deh coba 7 tempat makan soto hits berikut ini. Check it out!
1. Soto Ceker Pak Gendut
Siapa yang tidak kenal Soto Ceker Pak Gendut? Kebesaran namanya setidaknya sudah tersiar hampir di seluruh pelosok Kota Jakarta. 

Tempat ini memang melayani pembeli dari enam sore hingga menjelang jam tiga dini hari, dan kamu bisa temukan tenda nya di salah satu sudut Jalan Sabang atau di Jalan Haji Agus Salim.

Hanya Rp20.000 saja kamu sudah bisa menikmati soto ternikmat dengan ranjau dan cekernya yang selalu memberikan surprise kepada para pelanggannya.
2. Soto Gebrak

Pernah dengar nama Soto Gebrak? Kalau hanya soal soto, di Jakarta tersedia dimana-mana mulai dari warung kaki lima hingga restoran. Tapi Soto Gebrak ini boleh dibilang lain sendiri, karena selain rasanya nikmat cara penyajiannya pun unik.

Dalam setiap proses penyajiannya, kerap terdengar suara keras, braaakk!! Suara itu berasal dari bantingan botol kecap di atas papan kayu saat penjual meracik soto. 

Suaranya yang keras cukup membuat yang mengantuk bisa terjaga seketika. Bagi yang tak terbiasa, pasti bikin jantung berdebar-debar.

Soto Gebrak ada di Setiabudi juga ada di Tebet, Kalibata Raya, Cibubur, dan Bumi Serpong. 

Berani mencoba makan di Soto Gebrak? Rasakan sensasi kagetnya disini.
3. Soto Ambengan Pak Sadi

Wajar saja Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli terpilih sebagai Street Food Masters of the Year nomor satu dunia. Soto ayamnya memang terbukti enak

Soto dengan pelengkap jeroan dan daging di hargai Rp32.000. Hidangan inipun hadir dalam mangkuk yang cukup besar. Kuahnya kuning pekat dengan irisan halus seledri serta ditaburi koya atau remah kerupuk udang yang menjadi ciri khasnya.

Soto ini berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi No. 28, Jakarta Selatan. Yuk mampir ke sini untuk makan siang!
4. Soto Kudus Blok M

Menyebut soto Kudus di Jakarta tak bisa meninggalkan Soto Kudus Blok M. Cabangnya banyak tersebar di Jakarta seperti di Wijaya, Radio Dalam, Tebet hingga Kelapa Gading. Kuah soto Kudus di sini gurih sedikit manis. 

Soto ini bisa kamu temukan di Jalan Wijaya 1 No. 44 Dharmawangsa atau di Jalan Tebet Raya No 10.

Porsinya tak terlalu mungil namun juga tak besar. Aneka pelengkap disajikan di meja seperti baceman, gorengan, sate ati ampela dan kerupuk gendar. 
5. Soto H. Ma’ruf

Tapi yang istimewa dan menjadi favorit pengunjungnya adalah sajian khas soto Betawinya. Salah satu khas soto Betawi adalah menggunakan daging dan jerohan sapi – bukan kambing.

Nah, keistimewaannya di warung H. Ma’ruf ini adalah paru gorengnya yang tetap garing sekalipun sudah direndam di dalam kuah soto. Untuk seporsi soto di warung ini dibanderol Rp 26.000.

Soto ini bisa kamu temukan di sekitaran Taman Ismail Marzuki di daerah Cikini Raya, dan buka setiap hari di jam 9 pagi sampai dengan 10 malam.
6. Coto Makassar Senen

Coto di Makassar dan di Jakarta biasanya berbeda rasanya, karena nampaknya para penjual coto di luar Makassar berusaha menyesuaikan rasanya dengan lidah orang setempat. 

Di Jakarta coto yang paling Makassar berada di Jalan Kramat Raya Soka No.2 Senen Jakarta Pusat, dan rasakan rasanya yang sebanding dengan rasa coto di Makassar asli. 

Setiap hari buka pada pukul 11:00 siang – 22:00 malam,  untuk menikmati semangkok coto tidak mahal sangat ramah dengan dompet kita.
7. Sroto Eling-eling

Bagi penggemar tempe, nama Sokaraja, sebuah kota kecil dekat Banyumas pastilah tak asing lagi. Di kota ini ada tempe goreng setengah matang yang tersohor dengan nama ‘tempe mendoan’.

Rumah Makan Sroto Eling-Eling, Banyumas-Sokaraja yang berlokasi di daerah Tebet, tepatnya di Jl. Lapangan Roos sudah banyak pengunjung datang untuk makan siang.

Sroto yang ditawarkan ada sroto ayam, ayam komplet (dengan jeroan) dan sroto daging. Sebagai pelengkap menu khas Banyumas Sokaraja, rumah makan ini menyajikan sate kambing dan sate ayam. Mengenai harga, 1 potong tempe mendoan Sokaraja ini harganya Rp1.500, 1 porsi Sroto Istimewa Rp11.000, Segelas Dawet Ayu Rp4000.

Sip! Sekarang sudah tau kan yah, tempat makan soto mana saja yang terkenal dan ter-enak di Jakarta. Jangan lupa cobain tujuh kuliner soto hits di atas ya, Sobiz. 😉 (akw)

(***) 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.