Tips dan Artikel

6 Hambatan yang Biasa Ditemui Para Pebisnis

2018 January 04 12:09

Dalam memulai usaha, bisnis atau berwirausaha pastinya selalu terdapat rintangan maupun kendala. Dari sinilah para pengusaha diuji ketangguhan dan pengetahuannya dalam strategi berbisnis. Hambatan, kendala maupun rintangan tidak hanya dialami oleh pengusaha pemula tapi juga pengusaha berpengalaman sekalipun. Hal ini wajar terjadi untuk menguji kamu untuk terus dapat berkembang atau apakah kamu malah akan menyerah begitu saja.

Sebenerarnya sesulit apa sih berwirausaha itu? Berwirausaha itu sangat sulit jika kamu hanya terus memikirkannya tanpa melakukan tindakan apapun. Jika begitu, lalu apa saja yang menjadi hambatan dan kendala dalam berwirausaha khususnya para pemula yang baru bergabung di dunia usaha? Berikut ini adalah hal-hal yang merupakan hambatan dan kendala yang umumnya pengusaha hadapi di awal-awal meniti karirnya sehingga dapat kamu antisipasi:

Kesulitan Modal

Pemasalahan klasik yang dihadapi para pengusaha baik pemula maupun berpengalaman sekalipun, kekurangan modal usaha ketika usaha sedang berjalan. Banyak cara untuk mendapatkan pinjaman uang yang tidak hanya berasal dari bank saja. Tergantung dari bagaimana kamu mau menyelesaikan masalah tersebut dan segera mengambil tindakan sebelum akhirnya usaha kamu kehabisan dana untuk operasional.
Mencari Pemasok dan Menjual Produk

Kendala selanjutnya adalah berkaitan dengan proses produksi dan pemasaran produk. Terkadang kita terlalu sibuk dengan pemikiran sendiri akan susahnya mencari pemasok bahan baku atau supplier untuk mendukung usaha. Sebenarnya mencari pemasok bahan baku tidak sesulit yang dibayangkan, saat ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk mempermudah pencarian pemasok bahan baku apapun yang kamu butuhkan untuk usaha kamu. Begitu pun halnya penjualan produk. Gunakanlah media-media yang ada dan teknologi yang semakin berkembang untuk mendukung usaha kamu. 
Takut Gagal dan Enggan Mengambil Resiko

Akibat terlalu banyak pikiran mengakibatkan ketakutan akan kegagalan dan akhirnya kamu jadi takut mengambil resiko untuk berwirausaha. Sebenarnya apapun yang kamu lakukan selalu memiliki resikonya tersendiri. Jika kamu benar-benar ingin berwirausaha tidak baik untuk selalu ada di zona aman, kamu harus melawan ketakutan kamu dan menghadapi apapun itu yang terjadi sebagai proses pembelajaran.
Salah Perencanaan dan Analisis

Sebelum memulai usaha, sangat dianjutkan untuk melakukan perencanaan sebelumnya dan analisa usaha secara matang terlebih dahulu. Tapi seringkali pengusaha pemula menganggap remeh hal ini sehingga  banyak yang terlewatkan dan akhirnya malah kewalahan ketika sesuatu buruk terjadi dalam proses. Yang krusial disini adalah dalam hal perencanaan dan analisa keuangan yang memiliki peran begitu penting dalam kelangsungan sebuah usaha. Mulailah memikirkan rencana jumlah modal yang kamu butuhkan baik untuk produksi, tenaga kerja, infrastuktur bangunan dan lain sebagainya hingga bagaimana aliran kas masuk hariannya.
Bisnis yang Tidak Sesuai dengan Diri Sendiri

Seringkali terjadi bagi beberapa pengusaha yang cenderung ikut-ikutan tren tanpa mencari tahu dan memperhatikan keahlian yang dimiliki masing-masing pribadi. Biasanya jika melihat beberapa pengusaha di bidang tertentu sukses lantas yang lainnya saling beradu membuka usaha di bidang yang sama dengan asumsi akan meraup kesuksesan seperti yang lain, kenyataannya adalah kamu harus melihat dulu apakah bidang tersebut sesuai dengan diri kamu, apakah kamu menguasai betul seluk beluk yang ada di bidang usaha tersebut. Sebelum akhirnya memutuskan untuk membuka suatu usaha lebih baik lakukan dulu observasi dan reset lebih mendalam agar semua tidak sia-sia.
Rasa Malas, Kurang Semangat dan Kurang Percaya Diri

Kegagalan akan selalu terjadi bagi siapapun sebagai bentuk proses pembelajaran, yang perlu diperhatikan adalah apakah ketika kamu mengalami kegagalan tersebut kamu langsung patah semangat dan kurang percaya diri untuk berinovasi? Jika demikian, inilah yang akan membahayakan bisnis dan diri kamu sendiri karena apapun yang kamu rintis nantinya akan kandas juga jika tidak disertai dengan kegigihan dan semangat juang yang tinggi. Jika mengalami kegagalan, buatlah diri kamu semakin tertantang untuk belajar dan menemukan celah strategi-strategi yang pas untuk menuju kesuksesan kamu.

(***)

Sumber: www.stellamaris.co.id

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.