Tips dan Artikel

6 Jenis Hewan Yang Bisa Diternak Dengan Mengakali Lahan Sempit Dan Modal Sedikit

2018 August 01 13:24

Hingga saat ini, peluang usaha dengan cara beternak masih tetap populer dikalangan masyarakat Indonesia khususnya yang berada di daerah pinggiran dan sekitarnya. Apalagi dengan beternak, para pelakunya tidak harus memiliki modal yang besar atau sampai harus mencari pinjaman modal mudah. Cukup dengan mengusung usaha rumahan dengan memanfaatkan area pekarangan, maka semuanya bisa dijalankan.

Uniknya, di masa sekarang ini banyak juga para pekerja kantoran yang memilih beternak hewan sebagai usaha sampingannya. Sehingga banyak para peternak ini yang juga berasal dari daerah perkotaan.

Selain karena modal yang kecil, usaha ternak juga tidak membutuhkan biaya pemeliharaan yang besar. Sebut saja seperti pakan ternak yang dapat diolah dari limbah-limbah organik yang ada. Maka dari itu, YellowPages pun ingin berbagi sedikit tips kepada Sobiz semua yang ingin memulai peluang

usaha ini, tentang hewan-hewan apa saja yang bisa di ternak dengan hanya memanfaatkan lahan sempit berupa pekarangan rumah. Antara lain sebagai berikut:

1. Ternak Lele

Di urutan pertama ada ternak lele yang sangat menguntungkan bila dikelola secara baik dan benar. Bahkan beberapa tahun yang lalu ternak lele sempat menjadi tren tersendiri bagi masyarakat yang berada di pinggiran perkotaan. Tanpa harus membutuhkan modal besar atau melakukan pinjaman modal mudah, semuanya bahkan bisa Sobiz lakukan secara sendiri. Pada umumnya, beternak lele hanya membutuhkan sebuah media kolam terpal plastik, serta drum bekas. Maka tak heran jika kini peluang usaha ternak lele seperti ini sangat digandrungi oleh banyak orang, seiring dengan semakin banyaknya permintaan konsumen akan kebutuhan makanan lele di berbagai kota besar.

2. Ternak Ayam Kampung

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat mulai enggan untuk mengkonsumsi ayam broiler dan mulai beralih untuk mengkonsumsi ayam kampung. Hal ini jugalah yang mendorong terciptanya semakin banyak peternak ayam kampung, baik di daerah pinggiran hingga ke perkotaan. 

Bagi Sobiz yang ingin memulai beternak ayam kampung, prosesnya pun tak jauh berbeda dengan ras ayam broiler. Namun yang membedakannya adalah proses pemeliharaan yang lebih lama, hingga mencapai 2 bulan. Akan tetapi, kualitas dari daging yang didapat jauh lebih mahal di pasaran bila dibandingkan dengan ayam broiler. Sementara untuk pakanannya pun juga tergolong mudah. 

Untuk pemeliharaannya, Sobiz cukup menyisakan lahan pekarangan rumah untuk dijadikan  kandang ternak ayam kampung tersebut. Cukup mudah bukan? 

3. Ternak Bebek Petelur

Selanjutnya ada ternak bebek petelur yang juga cukup mudah dalam hal pemeliharaan serta pembiayaannya. Cukup membuat sebuah kandang bebek secara terbuka di halaman belakang rumah dan mulailah dengan sedikitnya 100 bebek. Satu hal yang harus Sobiz ketahui adalah bahwa bebek akan lebih rakus dibandingkan ayam, sehingga untuk urusan pakannya jauh lebih mudah dari ayam. Cukup berikan pakanan yang murah maka Sobiz sudah bisa mendapatkan keuntungan. Yang terpenting adalah, inti dari beternak bebek petelur adalah hasil telur mentah yang akan dijual ke pasaran. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, maka Sobiz  bisa mengakalinya dengan membuat telur asin. 

4. Beternak Burung

Untuk di urutan ini, kebanyakan dari para peternak adalah mereka yang memang hobi memelihara burung. Akan tetapi bukan berarti ternak burung tidak menjadi populer. Justru para peternak burung mendapatkan pasarnya sendiri berkat komunitas pecinta burung yang banyak. Apalagi dengan penggunaan sosial media seperti sekarang ini, akan lebih mudah untuk menjual dan memasarkan burung yang Sobiz  ternak. Beberapa jenis burung yang bisa diternak antara lain seperti kenari, jalak, murai dan lain sebagainya. 

5. Beternak Jangkrik

Mengapa jangkrik bisa diternak? Memangnya apa keuntungannya? Mungkin masih banyak orang di luar sana yang bertanya-tanya. Namun faktanya, ternak jangkring kini semakin berkembang di berbagai daerah di Indonesia, hal ini didasari atas kebutuhkan pakan dari burung-burung kicau, apalagi burung yang biasa digunakan untuk perlombaan atau kontes, jangkrik merupakan makanan yang cukup sehat untuk burung-burung tersebut.

Proses ternak jangkrik juga sangat mudah, Sobiz hanya perlu menyediakan sebuah sangkar kotak untuk mereka berkembang biak dan tentunya biaya pemeliharaannya juga sangat mudah tanpa harus membutuhkan pinjaman modal mudah untuk memulai usaha ternak jangkrik seperti ini.

6. Beternak Semut Rangrang

Tak jauh berbeda dengan jangkrik, ternyata ternak semut rangrang juga semakin digandrungi oleh masyarakat, di mana ini merupakan imbas dari semakin populernya bisnis burung kicau. Bahkan semut rangrang pun kerap dibudidayakan karena ketersediaannya di alam yang semakin menipis. Yang paling penting adalah beternak semut rangrang tak membutuhkan biaya besar ataupun lahan yang besar, karena hanya bermodal beberapa toples atau galon, maka Sobiz sudah bisa memulainya tanpa harus membutuhkan modal yang besar. Bagaimana, tertarik kah? Itulah tadi 6 jenis hewan yang bisa diternak meskipun Sobiz hanya memiliki lahan yang sempit atau sedikit. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ternak yang menguntungkan ataupun peluang usaha lain yang cocok untuk Sobiz, maka segera bergabunglah bersama YellowPages
Disini, Sobiz bisa mendapatkan berbagai macam solusi dari setiap permasalahan usaha yang dijalankan ataupun hendak dijalankan. Kunjungi YellowPages dan temukan solusinya sekarang juga!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.