Tips dan Artikel

7 Fakta Ini Jadi Alasan Kenapa Orang Memilih Nonton Film di Bioskop

2018 January 10 16:28

Kamu yang suka nonton film bioskop di Indonesia, udah tahu donk film Critical Elevan? Bagi kalian penggemar novel karya Ika Natassa pasti jadi hal wajib nonton film ini atau pengemar keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pasti juga udah nonton film Rafathar.

Nah, sebenernya apa saja sih yang jadi pertimbangan sobiz buat milih film yang akan ditonton?

Berikut beberapa hal yang jadi pertimbangan penonton film bioskop Indonesia seperti yang telah dilansir dari hipwee.com, Rabu (10/1/2017) Buat milih film apa yang akan mereka tonton.
1. Word of Mouth

Sebelum nonton film, sering kah kalian tanya terlebih dulu ke teman untuk cari rekomendasi film apa saja yang hendak kalian tonton?

Atau kalian cari tahu di media sosial yang khusus membahas tentang film yang baru tayang? 

Kebanyakan kalian tertarik nonton film jika ada orang yang sedang memperbincangkannya. 

Nah, kamu yang mana nih? Nonton karena rekomendasi temen atau informasi dari media sosial?
2. Sutradara

Penonton film bioskop di Indonesia biasanya memilih film yang akan ditonton berdasarkan siapa sutradaranya. 

Hasil survai menunjukkan, nama sutradara dan popularitasnya menjadi indikator yang sangat penting untuk memilih film. 

Meski posisi penulis skenario, produser, dan sutradara yang paling berperan dalam pembuatan film, namun sutradara menduduki posisi tertinggi dalam keputusan memilih film. 

Hal ini karena sutradara akan muncul dalam iklan, publikasi dan pemberitaan. “Kamu suka nonton film yang disutradarai siapa?”
3. Sekuel

Film sekuel itu apa sih? Kalau kalian nonton film Rudy Habibie (Ainun & Habibie2) atau AADC2, itulah yang disebut dengan film sekuel, film dengan karakter yang sama, dengan cerita yang berbeda, baik kelanjutan dari cerita sebelumnya ataupun tidak. 

Kalian pasti sering menanti film yang ada sekuelnya. Ternyata film yang ber-sekuel ini biasanya banyak ditunggu-tunggu lho.

Ternyata, penonton Film Bioskop di Indonesia itu paling nunggu-nunggu yang namanya film sekuel ini.
4. Asal Negara

Ternyata penonton film bioskop di Indonesia tidak hanya nonton film produksi tanah air saja, lho. Ada film Amerika dan Korea nih yang digemari penonton kita. 

Film Korea ini relatif baru masuk ke jaringan bioskop Indonesia, jumlahnya juga masih kalah dibandingkan dengan film Amerika dan Indonesia. 

Tapi perlu kalian ketahui kalau film Korea lebih menarik penonton Indonesia dibandingkan film Nasional.

Mulai sekarang kamu pilih menonton film Indonesia aja ya, supaya film Indonesia bisa berjaya, paling tidak di negara sendiri.
5. Popularitas Pemain Film

Reza Rahadian, Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, dan Lukman Sardi.

Kamu pilih yang mana nih, Sobiz? Bener apa tidak kalau pada saat pemain filmnya Reza Rahardian kamu pasti akan nonton? 

Ya, seperti apa yang kamu alami, pemain film ini juga berpengaruh lho sama keputusan menonton film. 

Biasanya semakin populer si artis maka keinginan untuk menonton film juga semakin besar. 

Penonton menganggap nama baik mencerminkan kemampuan akting yang baik pula. Tak heran jika pemain yang berkualitas akan memilih film yang berkualitas pula untuk dibintangi.
6. Karya Adaptasi

Buat kalian yang suka baca novel atau nonton serial televisi, pasti bakal seneng banget kalau kedua karya ini diadaptasi jadi film. “Nggak sabar nunggu penayangannya,” kalimat itu pasti bakal terlontar dari mulut kalian.

Ternyata menurut para produsen film, cara mengadaptasi novel atau serial televisi ini dianggap metode aman untuk menentukan diferensiasi produk dibandingkan film sejenis. 

Hal ini karena mereka yakin ada sekelompok orang yang pasti bersedia menonton film tersebut.
7. Jadwal

Kapan biasanya sobiz nonton film? Weekdays atau weekend? Ternyata kedua waktu ini berpengaruh lho sama keputusan menonton film.

Bagi mereka yang tidak terikat jam kerja atau kuliah, lebih memilih weekend sebagai waktu favorit menonton film. 

Mereka tidak peduli waktu dan harga tiket, namun sangat sedikit penonton yang memilih waktu ini.

Sedangkan yang memilih weekdays sangat banyak, biasanya mereka masih terikat dengan waktu kuliah atau bekerja. 

Bagi mereka, biaya menonton adalah waktu dan uang, oleh karena itu mereka lebih memilih weekdays karena harga tiket yang murah dan tersedianya waktu di sore hari.

(***)

Sumber: Hipwee.com

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.