Tips dan Artikel

Analisa Peluang Usaha Jasa Cuci Sepatu dan Target Marketnya

2019 March 13 06:45

Banyaknya model sepatu di masa kini memberikan peluang usaha baru bagi sejumlah orang yang membuka jasa laundry sepatu. Kondisi ekonomi masyarakat khususnya di kota-kota besar, membuat banyak orang tak lagi segan untuk mengoleksi sepatu mahal. Alhasil mereka akan merawat dan mencucinya dengan sangat hati-hati, tentu mereka membutuhkan jasa pencuci sepatu.

Membersihkan sepatu memang tidak semudah mencuci baju, sebab mulai dari sabun hingga peralatannya harus memiliki spesifikasi khusus sesuai dengan jenis bahan sepatu yang dibersihkan. Apalagi jika sepatu tersebut merupakan sepatu dengan harga mahal berbahan kulit asli, kanvas, atau suede. Pasar inilah yang bisa YPagers ambil untuk mendatangkan keuntungan besar.

Untuk memulai jasa cuci sepatu, modal yang diperlukan adalah keterampilan dan pengetahuan khusus seputar bahan sepatu yang digunakan. Setiap bahan memiliki cara tersendiri dalam perawatan dan pencucian. Cairan pembersih juga tidak boleh sembarangan, harus yang berkualitas. Begitu juga dengan peralatan yang digunakan seperti sikat dan alat semir.

Konsumen jasa cuci sepatu kini tak hanya didominasi para kolektor sepatu sneakers, tapi juga datang dari komunitas pecinta olahraga seperti running, pendaki gunung, anggota klub motor, hingga kalangan mahasiswa yang malas untuk mencuci sepatu sendiri.

Keuntungan yang bisa didapatkan dalam sehari sangat besar, bayangkan saja bila YPagers bisa mengerjakan minimal 20 pasang sepatu dengan tarif sekitar Rp30.000 – Rp 100.000 per pasang dalam sehari. Maka dalam waktu kurang dari setahun mampu meraup keuntungan puluhan juta per bulan, dan itupun belum termasuk bila YPagers ingin mengembangkan dengan sistem kemitraan/franchise.

Itulah tadi salah satu peluang usaha yang dapat YPagers coba untuk membuka jasa cuci sepatu. Setelah mengetahui target pasarnya, sekarang YPagers dapat memulai usaha tersebut. Bagaimana YPagers, apakah Anda tertarik?

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.