Tips dan Artikel

Apa Saja Peran Sociopreneur Bagi Perubahan Sosial?

2018 March 08 11:02

Akhir-akhir ini, istilah sociopreneur, semakin akrab di telinga. Kata ini berasal dari dua kosa kata Bahasa Inggris yaitu social (masyarakat) dan entrepreneur (pengusaha).

Ada juga istilah social enterprise yang dianggap memiliki definisi yang sama dengan social entrepreneurship. Menurut pemerintah Inggris, social enterprise adalah bisnis yang orientasi utamanya adalah sosial dan lingkungan, di mana keuntungan yang didapatkan akan diinvestasikan kembali ke tujuan bisnis mereka, yaitu sosial dan lingkungan, dan bukan dibayarkan ke pemilik modal.

Jadi, secara singkat, sociopreneur adalah pengusaha yang orientasinya bukan semata-mata mendapatkan keuntungan finansial pribadi, dan bahkan orientasi ini sama sekali tidak terlintas di kepalanya, melainkan kemaslahatan masyarakat lah yang menjadi orientasi usahanya.

Sociopreneur melakukan kewirausahannya yang diawali dengan gagasan, kepekaan mereka terhadap masalah social yang berada disekitar mereka sehingga menghasilkan sebuah gagasan yang terkadang tidak dipikirkan oleh orang lain. Usaha mereka melibatkan masyarakat dan masyarakat sekitarnya mendapat pengaruh dari apa yang seorang sociopreneur usahakan. Seorang sociopreneur melakukan usaha mereka berdasarkan tanggung jawab mereka terhadap lingkungannya dimaksudkan agar usaha yang mereka lakukan dapat membawa perubahan yang baik bagi lingkungannya.

Seorang entrepreneur social memainkan peran agen-agen perubahan di sektor sosial, seperti:

Mengadopsi misi untuk menciptakan dan mempertahankan nilai sosial (tidak hanya nilai pribadi),

Mengenali dan terus-menerus mengejar peluang baru untuk melayani misi (social) tersebut.

Terlibat dalam proses inovasi yang berkelanjutan, adaptasi, dan belajar.

Bertindak berani tanpa dibatasi oleh sumber daya yang dimiliki saat ini, dan

Menunjukkan rasa akuntabilitas yang tinggi kepada konstituen yang dilayani dan sumberdaya yang bekerja sama

Seorang sociopreneur adalah reformis dan revolusioner, tapi dengan misi sosial. Mereka melakukan perubahan mendasar dalam sektor sosial. Visi mereka yang terpenting. Mereka mencari penyebab masalah, bukan hanya mengobati gejala. Mereka berusaha untuk menciptakan perubahan sistemik dan perbaikan berkelanjutan. Meskipun mereka dapat bertindak secara lokal, tindakan mereka memiliki potensi untuk merangsang perbaikan global di arena yang mereka pilih, apakah itu adalah pendidikan, perawatan kesehatan, pembangunan ekonomi, lingkungan, seni, sektor atau bidang sosial lainnya. (inf)

(***)

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.