Tips dan Artikel

Art of Smartbisnis: Mengenal 3 Pengusaha Muda di Bidang Properti Indonesia

2018 September 09 03:15

Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis, seseorang harus memasuki usia yang telah mapan terlebih dahulu. Padahal teori tersebut tidak sepenuhnya benar, apalagi untuk sebuah bisnis properti.

Setidaknya hal ini lah yang dibuktikan oleh 3 nama orang Indonesia berikut ini, yang mampu membangun kesuksesan kerajaan property di usia yang tergolong muda. Kira-kira seperti apa kisah mereka? berikut YellowPages telah merangkumnya secara singkat. Simak selengkapnya berikut ini.

Andika Sutoro Putra

Awalnya tak ada yang menyangka bahwa Andika Sutoro Putra, pemuda kelahiran Singkawang, 13 Juni 1994 ini  berhasil mengembangkan peluang usaha properti menjadi besar seperti sekarang ini. Andika awalnya hanyalah seorang anak biasa yang terlahir dari keluarga sederhana. Bahkan sepanjang perjalanan akademisnya pun, Andika tidak terlalu terlihat menonjol dan berprestasi.

Namun ternyata nasib baik datang menghampirinya ketika ia mulai merintis sebuah usaha berjualan secara online. Secara perlahan peluang usaha berjualan online yang dikembangkannya tersebut mampu menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Meskipun dengan penghasilan yang sangat besar tersebut, Andika tak serta merta merasa puas. Ia bahkan lebih memilih untuk mengikuti berbagai seminar tentang pengembangan bisnis dari para pakar handal.

Tak hanya itu, dengan modal penghasilan yang dimilikinya tersebut, ia lantas mencoba untuk menjajal peluang usaha lainnya. Mulai dari kuliner, interior, garmen, hingga akhirnya bisnis properti.

Andika pun mulai serius menekuni bisnis properti sejak diumur 18 tahun. Menariknya, di umur yang sangat muda tersebut, Andika sudah memegang berbagai proyek besar. Di antaranya seperti perumahan di Bintaro, Apartemen di Bandung, hingga proyek lainnya di Bali. Hingga saat ini, Andika pun berhasil mengelola sedikitnya 22 ruko di wilayah Kalimantan Barat dengan nilai proyek lebih dari Rp30 miliar.

Harfani Alwi

Tak jauh berbeda dengan Andika, Harfani merupakan seorang wanita kelahiran 26 September 1990 yang kini berhasil menjabat sebagai direktur utama dari PT. Harfana Halim Indah. Awalnya, Harfani hanyalah meneruskan usaha dari sang Ayah yang menekuni usaha properti milik keluarga.

Ternyata di tangan Harfani, bisnis keluarga tersebut jadi semakin berkembang. Lewat strategi bisnis yang dimilikinya, ia pun mampu bersaing dari para pebisnis properti lainnya. Beberapa strategi yang ia jalankan antara lain adalah menyasar beberapa lokasi strategis yang ada di perkotaan namun belum terjangkau oleh para pesaing lainnya.

Kini, bisnis keluarga yang ia jalankan tersebut telah berhasil melakukan ekspansi hingga ke beberapa kota di Indonesia, antara lain seperti Sulawesi Selatan, Tenggara dan Tengah. Satu hal yang unik dari Harfani adalah bahwa selain sebagai direktur utama bisnis property, ternyata ia juga terdaftar sebagai mahasiswi jurusan kedokteran dari Universitas Hassanuddin.

Tommy Widjanarko

Berbekal ilmu yang di dapatnya selama kuliah jurusan teknik sipil, Tomi Widjanarko akhirnya berhasil mengembangkan bisnis properti yang dimilikinya bernama PT Sindo Karya. Pria kelahiran 12 Agustus 1991 ini juga sukses berkat dukungan dari sang Ayah yang ternyata juga menekuni profesi yang sama.

Setelah lulus kuliah, Tomi sempat bekerja sebagai kontraktor. Namun, setelah beberapa lama, Tomi pun akhirnya memutuskan untuk membuka bisnisnya sendiri, dengan proyek pertamanya adalah pembangunan dua rumah di sekitaran jalan Imam Bonjol di Madiun.

Meskipun mendapat dukungan dari sang Ayah, namun tidak membuat bisnis yang ia kembangkan berjalan dengan mulus. Beberapa kali Tomi kerap mengalami pasang surut sebuah bisnis, hingga akhirnya Tomi pun berhasil melewati itu semua.

Sampai detik ini, Tomi telah memiliki tiga orang karyawan yang sangat membantunya dalam mengembangkan bisnis miliknya tersebut. Satu hal yang harus dicontoh dari Tomi adalah meskipun ia memiliki tiga karyawan, namun dirinya tetap memilih terjun langsung ke lapangan untuk menangani berbagai masalah.

Itulah tadi 3 nama para pengusaha muda di bidang properti yang sukses sebelum menginjak usia paruh baya. Lantas bagaimana dengan Sobiz? Berminatkah untuk memulai bisnis property sekarang juga?

Untuk itu, segera bergabung bersama komunitas YellowPages untuk mendapatkan berbagai tips dan trik serta dukungan modal untuk mengembangkan usaha Sobiz. Selengkapnya, silakan langsung mengunjungi website resmi YellowPages di YellowPages sekarang juga!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.