Tips dan Artikel

Art of Smartbisnis: Menyingkap Kesuksesan Bisnis Tanaman Hidroponik Ala Bob Sadino

2018 August 12 01:25

Mungkin sebagian dari Anda sudah kenal dengan pengusaha nyentrik yang satu ini. Ya, Almarhum Bob Sadino dulu adalah salah satu pengusaha di Indonesia yang dikenal dengan pemikiran-pemikiran ‘gila’ nya soal bisnis. Tak hanya itu, ia juga dikenal memiliki ciri khas celana pendek yang selalu ia kenakan kemana saja ia pergi.

Namun apakah Sobiz tahu bahwa dibalik gayanya yang ‘nyeleneh’ tersebut ternyata Bob Sadino adalah orang pertama yang memperkenalkan sistem dan peluang usaha budidaya tanaman Hidroponik bagi masyarakat Indonesia. Lantas, apa yang dimaksud dengan budidaya tanaman Hidroponik tersebut? Apakah peluang usaha seperti in cukup menguntungkan?

Secara umum, hidroponik yang diperkenalkan oleh Alm. Bob Sadino ini adalah sebuah sistem bercocok tanam atau membudidayakan tanaman tanpa perlu menggunakan tanah, dan hanya memanfaatkan air saja. Simple bukan? Maka tak heran, jika di awal pengenalannya di tahun 90-an awal banyak orang yang tidak percaya dengan sistem Hidroponik ini

Namun berkat kerja keras dari Bob Sadino akhirnya Pemerintah pun mengakui kalau cara membudidayakan tanaman seperti ini patut dijadikan contoh. Pada akhirnya, peluang usaha budidaya tanaman Hidroponik perlahan mulai berkembang dan  masih dilakukan hingga sekarang dan keuntungan serta manfaat dari Tanaman Hidroponik.

Tahukah Sobiz, bahwa pada kenyataannya tanaman hidroponik lah yang saat ini sangat banyak diminati oleh banyak konsumen di Indonesia. Mengapa demikian? Karena sayuran ataupun buah-buahan yang dihasilkan terjamin bebas dari pestisida.

Tak hanya bebas pestisida saja, tanaman Hidroponik ini pun ternyata memiliki beberapa keuntungan lainnya, di antaranya:

-Lebih bisa menghemat biaya pupuk

-Lebih efisien dalam hal penggunaan air, bahkan sirkulasi air yang dihasilkan dapat dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan lainnya, sebut saja seperti aquarium.

-Lebih mudah dan lebih efisien dalam hal pemberian nutrisi tanaman.

-Dapat dilakukan dengan lahan yang sempit namun tetap memberikan hasil panen yang maksimal.

-Dijamin bebas dari penyakit maupun hama

-Mampu dilakukan penanaman di mana saja, bahkan di tempat yang sulit untuk ditumbuhi  tanaman seperti padang gurun ataupun daerah berbatu.

-Wilayah sekitar tanaman bisa lebih bersih dan terawat

-Tanaman hidroponik mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat dari tanaman lainnya

-Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak, apalagi untuk membajak sawah.

-Beberapa jenis tanaman bisa panen diluar musimnya jika menggunakan teknik hidroponik seperti ini.

-Tanaman hidroponik memiliki harga jual yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanaman biasa lainnya.

-Lahan atau media tanam yang digunakan bisa didaur ulang selama bertahun-tahun

-Lebih mudah berkreasi dalam melakukan penanaman.
Dengan melihat beberapa keuntungan serta manfaat diatas, maka bagi Sobiz yang berencana menggeluti peluang usaha budidaya tanaman namun terbatas dengan ketersediaan lahan, maka teknik Hidroponik seperti ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif.

Kesimpulan

Yang jelas, teknik Hidroponik seperti ini sangat cocok digunakan jika Sobiz ingin bercocok tanam sayuran atau buah-buahan di daerah perkotaan, yang notabene sudah sangat minim lahan bagus. Bagaimana menurut Sobiz? Tertarik kah memulai peluang usaha tanaman Hidroponik ini?

Yang jelas sebelum memulainya, Sobiz bisa bergabung bersama YellowPages untuk mendapatkan lebih banyak informasi serta bantuan dan dukungan untuk usaha yang hendak dijalankan. Segera kunjungi website YellowPages di www.YellowPages.co.id sekarang juga, dan Sobiz bisa temukan solusi terbaik untuk kebutuhan usaha yang hendak dijalankan.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.