Tips dan Artikel

Awas! Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menghambat Produktivitas

2018 March 21 14:49

Mampu melakukan dua hal sekaligus, atau biasa disebut multitasking, mungkin tampak seperti sebuah efisiensi waktu, bahkan menjadi multi taskers memang akan membuat seseorang selangkah lebih maju, karena mampu melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Kamu boleh bangga karena bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Tidak semua orang mampu melakukan hal ini, dan hanya orang dengan kemampuan luar biasa yang bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus tanpa membuat kesalahan. 

Namu, perlu sobiz ketahui bagi mereka yang bekerja multitaskting justru perlu khawatir karena hal ini akan menghalangi produktivitas kalian dalam bekerja maupun aktivitas sehari-hari.

Multitasking menjadi lebih merugikan saat kamu menyelesaikan tugas yang rumit atau tidak biasa, karena proses peralihan akan tertunda lebih lama.

Sebab, multitasking membuat otak kita bekerja lebih berat dari biasanya. Kamu juga akan mengalami kehilangan konsentrasi dalam bekerja. 

Bayangkan bagaimana bisa kamu menyelesaikan beberapa pekerjaan di waktu yang bersamaan? Mau-tidak mau hal ini akan membuat pikiran kita bercabang dan tidak konsentrasi. 

Multitasking juga berisiko tinggi untuk melakukan kesalahan, pekerjaan tidak maksimal dan cepat lelah. Dan, beberapa diantaranya yang akan kamu rasakan apabila tetap menjadi si multi tasker.
Sering menunda pekerjaan

Jika kamu tidak ingin produktivitas kerja terhambat, maka mulai dari sekarang jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. 

Sebab, sering menunda-nunda pekerjaan bukannya jalan yang tepat untuk mendapatkan pikiran menjadi tenang dan fresh, namun hal ini membuat pekerjaan akan bertumpuk dan juga dapat menurunkan produktivitas kamu dalam bekerja. 

Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut, seperti rasa malas, bosan, lelah, banyak pikiran, dan lainnya.

Jika kamu membiarkan hal ini terus menerus, kamu akan terbawa kedalam kehancuran di dalam karir.
Perfeksionis

Bisa dibilang, orang yang memiliki sikap perfeksionis merupakan sebuah keegoisan. Sebab sikap ini mengharuskan, memaksa dan menuntut diri menjadi sosok yang sempurna dibanding orang lain. 

Sebenarnya, sikap perfeksionis lebih banyak kelemahannya dibanding sisi positif. Sifat ini dapat membuat seseorang tidak bisa menemukan pribadi dirinya, apa yang benar-benar mereka suka, sulit menerima kesalahan, sering menyalahkan diri sendiri, lama menyelesaikan pekerjaan dan yang paling berbahaya bisa membuat stres dan depresi.
Mengeluh

Ketika menemukan kesulitan atau ketidakpuasan dalam keadaan sedih atau sesuatu yang tidak diinginkan biasanya akan tanpa sadar kamu akan mengeluh. 

Sebenarnya, kebiasaan ini dapat menghambat produktivitas kerjamu. Kebiasaan ini akan memberikan suasana hati dan dampak negatif untuk membuat diri kamu membenci pekerjaan. 

Walaupun kamu akan menyelesaikan tugas-tugas tersebut, tetapi kamu mengerjakan dengan berat hati yang dampaknya membuat pekerjaan selesai dengan hasil yang tidak maksimal. 

Selain itu, mengeluh tidak akan menyelesaikan permasalahan yang kamu temui. Mengeluh justru akan membuatmu semakin frustasi, pesimis terhadap semua permasalahan, menimbulkan stres dan depresi berkepanjangan.

Jadi, hati-hati bagi sobiz yang sering melakukan multiasking. Sesibuk apapun aktivitasmu, tetaplah berusaha untuk membagi waktu antara beraktivitas dengan istirahat, olahraga, dan jangan lupa untuk memerhatikan pola makan yang sehat.

Sangat penting untuk sobiz perhatikan resiko buruk yang terjadi dari kebiasaan multitasking kamu, agar sobiz tetap produktif dalam bekerja. (akw)

(***) 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.