Tips dan Artikel

Berawal Dari Obrolan Warung Kopi, Tumbuh Menjadi Peluang Usaha Yang Menggurita

2018 July 14 09:14

Di usia muda, banyak individu yang menginginkan sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan bermimpi untuk membangun sebuah bisnis yang besar. Namun pada kenyataannya, mimpi tersebut berakhir hanya sebatas obrolan dan angan-angan warung kopi.

Sebuah ide bisnis yang menarik dan cukup kreatif mungkin bisa saja muncul ketika Anda tengah menyesap kopi di warung. Namun jika tidak cepat direalisasikan, maka ide-ide tersebut akan segera sirna juga di warung kopi tersebut, atau bahkan bisa dicuri oleh orang lain. Lantas, bagaimana caranya agar ide-ide peluang usaha yang terbesit dari obrolan warung kopi tersebut menjadi realita dan tumbuh menjadi sebuah bisnis yang menggurita?

Simak beberapa tips yang akan disampaikan oleh YellowPages berikut ini.

Saling bertukar pengalaman dengan orang-orang

Semua orang tahu bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik dalam hal apapun itu, termasuk dalam mencari serta membangun peluang usaha. Jika Anda suka nongkrong di warung kopi, maka Anda akan sering bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Cobalah untuk menangkap setiap pengalaman yang ada dari cerita orang-orang tersebut dan jadikan motivasi Anda untuk membangun sebuah bisnis.  

Menggali pengetahuan dari orang-orang dengan latar belakang berbeda

Setelah Anda mengenal banyak orang dan telah berbagi pengalaman dengan mereka, maka Anda bisa menggali banyak pengetahuan tentang lapangan. Sebagai contoh, anggaplah orang-orang yang datang di warung kopi tersebut konsumen Anda nantinya. Maka cobalah sedikit-sedikit bertanya tentang pengalaman mereka akan produk tertentu, agar nantinya bisa menjadi perbandingan Anda dalam menciptakan sebuah usaha.

Cobalah mengajukan sedikit konsep bisnis Anda dengan orang-orang dan lihat reaksi mereka

Jika kedua cara di atas sudah Anda lakukan, maka saatnya untuk memberanikan diri mengajukan konsep usaha Anda kepada mereka. Saat Anda menjelaskan lihat reaksi orang-orang tersebut, apakah mereka akan setuju atau ada pendapat lain dari mereka. Meskipun kadang pendapatnya sedikit nyeleneh, tetap ingat bahwa nantinya orang-orang seperti mereka yang akan Anda hadapi sebagai konsumen. Terlebih jika Anda ingin menciptakan sebuah peluang usaha UMKM yang notabene target marketnya adalah menengah kebawah.  

Pertahankan hubungan Anda dengan mereka

Tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha Anda, maka koneksi dari orang-orang lah yang Anda butuhkan. Tak terkecuali dari orang-orang yang sering Anda jumpai setiap kali Anda nongkrong di warung kopi. Dengan bantuan mereka, setidaknya Anda bisa menghemat biaya promosi berkat kekuatan mulut ke mulut antar orang-orang yang silih berganti datang di warung kopi tersebut.  

Tak hanya itu, dengan tetap mempertahankan hubungan Anda dengan mereka, bisa saja mereka adalah pelanggan pertama Anda yang setia membeli hingga bisnis Anda beranjak semakin sukses.  

Cari dukungan usaha Anda dalam bentuk apapun

Dengan memanfaatkan orang-orang yang sering Anda jumpai di warung kopi, maka Anda bisa secara sopan meminta mereka untuk mendukung usaha Anda. Dukungan yang diberikan pun bisa bermacam-macam. Mulai dari bantuan dana secara kecil-kecilan atau bisa melalui dukungan moril, serta bantuan jasa dari mereka. Yang terpenting, setiap bantuan yang mereka berikan harus Anda hargai sebaik mungkin.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda, maka tak ada salahnya bergabung bersama komunitas YellowPages dengan mengunjungi YellowPages dan temukan berbagai macam solusi serta kebutuhan berbisnis Anda.  

Nongkrong di warung kopi tidak melulu soal negatif,  mulai sekarang biasakanlah untuk terus produktif meskipun yang Anda lakukan kebanyakan nongkrong di warung kopi. Kadang kala warung kopi menjadi tempat ajaib Anda dalam menemukan banyak ide-ide baru, termasuk dalam peluang usaha. Jadi jangan pernah sia-siakan kesempatan tersebut.

 

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.