Tips dan Artikel

Bingung menentukan cara untuk mencari partner bisnis? Ini Dia Tips Mencari Partner Bisnis yang Tepat

2019 July 08 03:15

Mencari partner B2B (Business-to-Business) yang tepat dalam berbisnis tidak mudah dan harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan produk B2B umumnya dipandang berisiko tinggi karena nilai setiap transaksinya sangat tinggi, serta melibatkan rantai pasokan yang cukup banyak. Namun, bagi YPagers pengusaha kecil yang berniat mencari partner B2B yang tepat tidak perlu khawatir, sebab dibawah ini akan diberikan beberapa tipsnya.

Tentukan dan jelaskan tujuan

Langkah pertama dalam membangun bisnis rekanan tentu adalah membuat secara jelas tujuan YPagers. Apa pencapaian yang YPagers harapkan dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan ini, dan akankah kerjasama benar-benar menguntungkan kedua belah pihak? Hal ini begitu penting sebab kerjasama dengan rekan bisnis sering gagal akibat masing-masing pihak tidak jelas memahami tujuan utama satu sama lain. Untuk itu, YPagers perlu mencari tahu apa yang penting bagi YPagers, sebelum mulai berbicara dengan vendor, dan benar-benar mencari tahu apa yang diprioritaskan rekan bisnis, terutama mengenai hal apa yang akan diberikan kepada pelanggan.

Pertimbangkan sisi lain

Ketika YPagers perlu menemukan rekanan atau vendor terbaik untuk kebutuhan bisnis, maka semua itu tidak hanya tentang bisnis YPagers. Ini dikarenakan setiap kesepakatan B2B harus menguntungkan kedua belah pihak. Sebaiknya pemilik usaha kecil menggunakan waktunya untuk memahami tujuan perusahaan lain dan bagaimana proposal yang dibuat dapat membantu perusahaan. Hal ini memungkinkan YPagers untuk melakukan pendekatan dengan win-win solution.

Berbicara dengan pemilik usaha kecil lainnya

Jika YPagers baru pertama kali mulai melakukan kerjasama bisnis B2B dengan rekanan bisnis pertama, maka YPagers bisa jadi belum mengetahui semua seluk-beluk kerjasama dengan perusahaan lain. Sebaiknya, YPagers berbicara dengan pemilik bisnis lain yang berada dalam satu industri dengan YPagers, dan telah berhasil dengan transaksi B2B. Dengan demikian, pemilik bisnis tersebut dapat membantu YPagers untuk mengarahkan ke beberapa situasi rumit yang mungkin terjadi. Meski internet menguasai pencarian informasi saat ini, tetapi cara terbaik adalah datang dan berbicara langsung dengan pemilik bisnis lain untuk berdiskusi.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara harga dan kualitas

Pemilik usaha kecil sering bekerja dengan anggaran yang terbatas, dan banyak keputusan yang dibuat berdasarkan  biaya. Meski harga selalu menjadi faktor utama, namun YPagers juga harus mempertimbangkan keseluruhan nilai dari kesepakatan yang YPagers buat untuk bisnis YPagers. Misalnya, apabila penting untuk melakukan outsourcing atau menggunakan vendor dalam mengembangkan sesuatu yang akan memberikan YPagers keuntungan kompetitif, mungkin YPagers tidak selalu ingin membayar dengan harga terendah.

Terus-menerus mengecek rantai pasokan

Bisnis bukanlah entitas yang berbeda, tapi menyerupai ekosistem yang kompleks. Oleh karena itu, bisnis memerlukan kepemimpinan yang kuat untuk menjaga semua panah menunjuk ke arah yang sama. Menciptakan lingkungan yang harmonis sangat erat hubungnya dengan pemasok, produsen, rencana operasi, prakiraan, logistik, dan sebagainya. Namun, perusahaan sering mengabaikan salah satu ancaman terbesar untuk sukses, yaitu kualitas. Perusahaan perlu memiliki penglihatan yang tajam untuk melihat kualitas seluruh rantai pasokannya, dan membuat penyesuaian kebutuhan untuk memastikan bahwa kualitas rendah tidak akan mengganggu jaringan akhir. Untuk, itu, YPagers sebaiknya memiliki percakapan yang terbuka dan jujur dengan pemasok.

Membangun hubungan berdasarkan kepercayaan

Seperti jenis hubungan lainnya di dunia ini, maka kerjasama bisnis juga membutuhkan kepercayaan agar transaksi B2B dapat berjalan baik. Secara sederhana, YPagers perlu mempercayai rekanan YPagers dan memperlakukannya seperti partner. Semoga informasi yang YellowPages bahas di atas dapat membantu YPagers untuk mencari partner B2B yang tepat. Selamat berbisnis dan semoga sukses, YPagers!

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.