Tips dan Artikel

Bisnis Origami Untuk UKM, Siapa Sangka Kertas Yang Dilipat Lipat Bisa Hasilkan Puluhan Juta Rupiah

2018 August 30 11:16

Sobiz pernah mendengar istilah origami? ya, origami adalah nama dari sebuah seni melipat kertas asal Jepang. Di Indonesia, Origami sudah cukup terkenal karena telah diajarkan sejak anak-anak masih berada di bangku TK. Namun yang masih jarang terdengar adalah bagaimana origami ini berubah menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan?

Sedikit bukan berarti tidak ada. Salah satunya adalah peluang usaha pembuatan ‘3D Papercraft’ yang merupakan turunan asli dari seni melipat kertas origami. Mengapa disebut ‘3D’? Karena tentu saja origami yang dihasilkan lebih terlihat realistis dibandingkan yang biasa. Dengan keahlian khusus, sang pengrajin bisa membuat sebuah figur atau bentuk tertentu sesuai yang diinginkan.

Menariknya, peluang usaha 3D papercraft ini tak membutuhkan modal besar, maka sangat layak dilakukan bagi Sobiz yang hendak membangun Usaha Kecil dan Menengah atau UKM. Salah satu contohnya bisa dilihat dari usaha yang dijalankan Arista Dwi. Arista telah melirik peluang usaha ini sejak tahun 2007 yang lalu dan masih berkembang hingga saat ini.

Tentu saja, peluang usaha ini awalnya didasari atas kesukaannya terhadap seni origami dan kartu ucapan kreatif. Setelah melakukan berbagai riset lewat internet, akhirnya Arista pun banyak bertemu dengan komunitas-komunitas pecinta origami. Dari sinilah ia lantas memikirkan untuk membuka usaha kartu ucapan dengan menggunakan seni origami 3D.

Berawal dari pencarian di Internet

Sejak memutuskan untuk membangun usaha dari seni origami, ia lantas mulai mencari banyak referensi lewat internet. Alhasil, hanya dengan modal 600 ribu rupiah, Arista mulai mendapatkan berbagai produk origami berkualitas dan memiliki daya cetak yang tinggi.

Setelah mendapatkan bahan dasarnya, Arista lantas mulai mencari mesin print khusus berkualitas tinggi dengan harga sekitar Rp4 jutaan, ditambah beberapa kertas semi karton dengan berbagai ukuran. Cukup dengan modal ini saja, Arista berhasil menciptakan model 3D papercraft pertamanya untuk dijual. Beberapa produk yang berhasil ia ciptakan antara lain seperti boneka kertas tokoh kartun seperti Micky Mouse, Hello Kitty, Princess dan masih banyak lagi.

Mulai mengembangkan usaha

Setelah beberapa produk yang ia ciptakan cukup laku di pasaran, Arista memilih untuk terus mengembangkan usahanya tersebut. Kini ia mampu memproduksi sedikitnya 40 figur karakter kartun anak. Tak hanya anak-anak, ia lantas mengembangkan target pasarnya menuju remaja serta dewasa dengan tema cinta, traveling dan lain sebagainya.

Di awal usahanya, Arista memang mengakui cukup kesulitan untuk memasarkan produknya tersebut. Apalagi jenis produk seperti ini masih sangat jarang ada di Indonesia. Namun setelah melewati waktu sekitar 2 bulan, akhirnya Arista berhasil menemukan pasar yang ia tuju.

Produk 3D Papercraft semakin diminati pasar Indonesia

Perjuangan Arista tak sia-sia. Kini setelah 8 tahun jatuh bangun dalam mengembangkan usahanya tersebut, ia pun akhirnya berhasil mengantongi lebih dari 9 juta setiap bulannya. Bahkan, omzet untuk tiap bulannya bisa mencapai 25 jutaan. Mengapa bisa begitu besar? Karena tentu saja, biaya pembuatan produk origami tergolong murah.

Yang jelas menurutnya, seseorang tidak akan bisa membangun usaha origami tanpa didasari oleh rasa suka dan cinta terhadap seni melipat kertas yang satu ini. Tak hanya itu, Arista juga mengatakan bahwa ketekunan, kesabaran dan ketelitian dalam menciptakan sebuah produk 3D papercraft ini adalah kunci menuju kesuksesan serta keuntungan yang berlipat ganda.

Sobiz tertarik kah untuk memulai peluang usaha seperti ini? Atau masih bingung mencari peluang usaha yang tepat ? Maka dari itu, segeralah bergabung bersama komunitas YellowPages. Karena di sini, Sobiz bisa menemukan banyak referensi bisnis, serta berbagai macam solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi dalam membangun sebuah usaha.

Segera kunjungi website resmi YellowPages di www.YellowPages.co.id sekarang juga dan temukan apa yang Sobiz cari sekarang juga!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.