Tips dan Artikel

:

Booming di Instagram dan Penjualan Buku, Simak Kisah Sukses Junita Bersama Xanderskitchen

2018 April 19 13:45

Di era digital seperti sekarang, peluang bisnis bisa terbuka dari celah mana saja. Berbagi hobi dan ilmu lewat media sosial pun bisa jadi cara mendatangkan rezeki yang tak pernah diduga. Seperti yang dialami oleh Junita, sosok kreatif dan bersahaja di balik akun Instagram @xanderskitchen yang telah menginspirasi sekitar 400 ribu pengikutnya.

Mengapa Instagramnya bisa menarik perhatian banyak orang? 

Junita termasuk aktif membagikan foto hasil masakannya beserta resep yang ditulis detail. Resep yang dibagikan sangat beragam mulai dari hidangan sayuran, ikan, daging, telur, hingga kue. Semua ia buat di rumah dan mulanya memang untuk konsumsi keluarga kecilnya yang kala itu masih tinggal di Lembata,  Nusa Tenggara Timur. 

“Saya kali pertama membuka akun Instagram  di tahun 2015. Tujuan awalnya hanya untuk menyimpan foto-foto masakan tanpa resep. Tetapi memang pengikut IG saya sudah ribuan saat itu. Akhirnya sekitar Maret 2016, dengan niat berbagi dan membantu teman-teman, saya mulai membagikan foto masakan beserta resepnya,” terang Junita kepada Bintang pekan  lalu.

Setelah rutin memberikan resep masakan di Instagramnya, Junita mulai kebanjiran pengikut. Bahkan dalam waktu satu tahun sejak saat itu, jumlah pengikut akun Instagramnya melonjak hingga 230 ribu pengikut. Para pengikut ini merasa terbantu dengan resep yang dibagikan Junita. 

Berbekal niat tulus, Junita berhasil menerbitkan buku masak yang didapuk jadi buku masak mega bestseller yang pertama sepanjang sejarah penerbitan buku di Indonesia. Buku kumpulan resep masak garapannya yang bertajuk Home Cooking Ala Xander’s Kitchen terbitan Gramedia Pustaka Utama hampir selalu habis laku diborong di berbagai toko buku. 

Saat membuka akun Instagramnya pertama kali pada 2015, Junita tak berencana untuk mendedikasikan akun tersebut sebagai akun resep saja lho! Bahkan pada awalnya, beliau hanya mengunggah foto-foto masakan, tanpa penambahan resep di caption-nya.

Junita mengaku dirinya memang sudah bisa memasak sejak dulu, namun hanya sekadarnya saja, sampai ia kemudian berkeluarga dan ia ingin lebih pintar memasak demi kecintaannya pada suami dan ketiga anaknya. Berkat tekadnya untuk lebih jago masak, beliau pun akhirnya gemar mencoba dan berkreasi dengan beraneka resep masakan rumahan. Itulah yang jadi cikal bakal Junita akhirnya membagikan foto dan resep masakannya di media sosial. (inf)

(***) 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.