Tips dan Artikel

Business Hack: 4 Strategi Pemasaran Unik Untuk Mengembangkan Bisnis Distro

2018 October 05 19:04

Sebelumnya banyak yang mengira bahwa produk distribution outlet atau yang biasa disingkat menjadi ‘distro’ sama dengan produk garmen pada umumnya. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa apabila terdapat sebuah produk garmen yang sedang tren di luar negeri, maka akan semakin banyak terdapat outlet distro di kota-kota besar di Indonesia, bahkan hingga kepelosok.

Namun semakin ke sini, perubahan mulai terjadi dengan bisnis distro. Banyak pemilik usaha ini lebih memilih untuk menjajakan produk lewat konsep ekslusif milik sendiri dengan desain yang inovatif. Ini semua dilakukan demi persaingan di pasar yang semakin ketat dalam hal produk clothing line atau pakaian.

Lantas yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara agar peluang usaha distro mampu bertahan dari kerasnya persaingan pasar tersebut? Untuk menjawab hal tersebut, berikut YellowPages telah merangkum beberapa strategi pemasaran uniknya, di antaranya adalah:

1. Memfokuskan bisnis kepada komunitas target yang dituju, dan ciptakan konsep unik

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa peluang usaha distro sangat erat kaitannya dengan gaya hidup anak muda. Apalagi anak muda yang aktif dan penuh semangat untuk menekuni hobi yang mereka jalani. Jadi, untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis clothing line, maka Sobiz harus mampu menargetkan pasar komunitas yang cukup potensial. Beberapa di antaranya seperti komunitas penggemar sepakbola, olahraga ekstrim, pecinta seni, hingga yang saat ini tengah menjadi tren, yakni gaya hidup muslim dan muslimah.

Jika Sobiz sudah mampu menemukannya, maka selanjutnya adalah menciptakan sebuah konsep yang sesuai. Dari konsep tersebut, nantinya akan diarahkan menjadi sebuah desain produk yang memiliki karakter kuat dan ciri khas dari komunitas pasar yang di tuju tadi.

2. Menciptakan sebuah desain produk yang di luar kebiasaan

Jika poin pertama sudah Sobiz jalani, maka selanjutnya kita masuk ke poin kedua. Yakni menciptakan sebuah desain unik dan beda. Untuk sebuah peluang usaha distro, tampil beda adalah hal yang sangat dianjurkan. Cara ini digunakan untuk memancing minat dari konsumen yang akan Sobiz tuju.

Salah satu teknik yang paling ampuh adalah dengan menciptakan produk “limited edition” atau yang hanya diproduksi satu kali saja. Ini menciptakan kesan ekskslusif bagi siapa saja yang memilikinya. Dengan begini, akan ada banyak pelanggan yang buru-buru untuk mengincarnya. Selain itu desain yang kekinian dan inovatif juga menjadi salah satu hal yang penting untuk sebuah produk clothing line.

3. Tak perlu menunggu pelanggan, kita lah yang menghampiri mereka  

Bukan hanya para pedagang makanan saja yang bisa berkeliling untuk menjajakan produk mereka,  ternyata distro pun bisa. Dengan menggunakan kendaraan dan berkeliling memamerkan produk yang dipasarkan, cara ini dianggap cukup efektif di era seperti ini. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya, hampir semua konsumen peluang usaha distro, menyukai suatu hal yang unik dan kreatif. Maka cara-cara kreatif seperti ini bisa sangat menarik perhatian mereka.

4. memanfaatkan internet adalah cara yang paling efektif saat ini

Karena target market yang dituju adalah anak muda yang aktif, maka pemasaran lewat internet adalah hal yang paling efektif saat ini. Dengan cara ini, Sobiz sebagai pemilik usaha distro pun dapat lebih mudah menjangkau pelanggan Sobiz di berbagai daerah lainnya. Dengan cara ini pula, Sobiz bisa melihat berbagai respon yang datang terhadap bisnis yang Sobiz jalankan.

Pergunakan semua sosial media yang ada untuk memasarkan produk yang Sobiz miliki. Semakin dekat Sobiz dengan para pelanggan di sosial media, maka mereka juga akan semakin loyal dengan bisnis yang Sobiz jalankan.

Itulah tadi 4 strategi pemasaran unik demi mengembangkan sebuah bisnis distro. Bagaimana menurut Sobiz, apakah Sobiz sudah memahaminya? Jika masih ada pertanyaan ataupun yang belum Sobiz dapatkan dari artikel ini, maka Sobiz bisa langsung bergabung bersama komunitas YellowPages dengan mengunjungi website resmi YellowPages di YellowPages.  

Di sini Sobiz akan mendapatkan berbagai informasi, tips dan trik seputar bisnis, peluang usaha, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, dengan bergabung bersama YellowPages, Sobiz juga bisa mendapatkan bantuan permodalan dari YellowPages dengan mudah! Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi YellowPages sekarang juga ya!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.