Tips dan Artikel

Business Hack: Belajar Mencari Keuntungan Dari Peluang Usaha ‘On Demand’

2018 August 25 17:30

Sejak
pertama kali memiliki niat untuk melakukan bisnis atau usaha, maka langkah
selanjutnya yang harus Sobiz lakukan adalah dengan mencari ide bisnis yang
sesuai. Dan untuk mendapatkan ide bisnis yang sesuai tersebut, biasanya akan
berangkat dari apa yang sangat dibutuhkan konsumen. Dan dari sinilah biasanya
akan tercipta sebuah konsep peluang usaha berbasis ‘on demand’. Lantas apa yang dimaksud dengan bisnis on demand
ini? Berikut YellowPages akan membedahnya secara singkat hanya untuk Sobiz
sekalian.

Apa yang dimaksud dengan bisnis on demand?  

Business on demand pada dasarnya adalah sebuah sistem usaha yang berlandaskan atas permintaan dari konsumen. Contoh paling mudah yang bisa kita lihat adalah peluang usaha seperti ojek online, delivery order makanan, dan usaha jasa lainnya. Singkatnya, bisnis seperti ini akan berjalan jika tetap ada konsumen yang memerlukan atau memintanya. Maka dengan seketika pula penyedia jasa juga harus meresponnya.

Apakah bisnis on demand ini bisa memberikan keuntungan yang signifikan?

Jawabannya tentu saja sangat bisa. Tren konsumen saat ini adalah membutuhkan segala sesuatu yang cepat dan praktis. Maka tak heran, jika banyak bisnis jasa yang tumbuh dan berkembang sangat cepat, seperti ojek online. Dan menurut para ahli pun, diperkirakan bahwa tren ini akan terus berkembang di tahun-tahun kedepan mengingat kemudahan akan teknologi serta akses internet di berbagai sektor. Jika Sobiz mampu membangun dan mengatur sebuah bisnis on demand dengan baik, maka cepat atau lambat pasti akan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Faktor –Faktor yang harus diperhatikan ketika hendak membangun
sebuah usaha berbasis on demand

Meskipun terdengar sangat potensial, namun satu hal yang harus Sobiz ingat adalah bahwa menjalankan usaha seperti ini tidaklah mudah. Ini dikarenakan kebutuhan konsumen terbilang sangat fluktuatif dan masih sulit untuk diprediksi. Untuk itu, berikut YellowPages akan membagikan informasi tentang beberapa faktor yang harus diperhatikan jika hendak membangun sebuah bisnis on demand. Diantaranya adalah:  

Harus berdasarkan kepada kebutuhan sehari-hari konsumen

Kebutuhan konsumen yang dimaksud disini adalah kebutuhan mendasar
sehari-hari yang orang akan melakukannya secara terus menerus . Seperti
misalnya, kebutuhan akan transportasi untuk bepergian, kebutuhan akan
pengiriman, hingga kebutuhan akan pemesanan makanan. Ini tentunya melekat pada kebiasan sehari-hari konsumen. Sehingga jika Sobiz hendak mencari ide bisnis on demand, perhatikan terlebih dahulu apa yang sangat dibutuhkan dari konsumen.

Cepat dan tepat waktu

Setelah mendapatkan ide bisnisnya, maka faktor lainnya yang harus
Sobiz perhatikan adalah bagaimana nantinya manajemen waktu yang Sobiz terapkan. Dibutuhkan ketelitian dalam memperhitungkan setiap tahapan konsumen. Mulai dari pemesanan, ketersediaan produk, hingga jarak dan waktu tempuh menuju konsumen. Semuanya dibutuhkan optimalisasi yang tepat demi mendapatkan kepuasan serta loyalitas dari konsumen.

Bagaimana cara konsumen mengakses layanan bisnis

Konsumen tidak akan mau menggunakan jasa Sobiz jika akses layanan yang ditawarkan cukup rumit. Jadi pastikan Sobiz menciptakan akses layanan yang
mudah dan memang disesuaikan terhadap target market yang dituju. Perhatian terhadap akses layanan ini juga sangat berpengaruh terhadap kesetiaan dan loyalitas konsumen Sobiz kedepannya.

Selalu berinovasi

Jika bisnis yang dijalankan sedang berada diatas, maka janganlah
cepat merasa puas. Selalu ingat bahwa bisnis yang Sobiz jalankan sangat
berpengaruh terhadap keinginan konsumen. Jika Sobiz tidak kreatif dalam
berinovasi dan menciptakan berbagai fitur baru, maka konsumen akan cepat merasa bosan dan beralih menuju competitor. Hal yang sama terjadi kepada salah satu produsen handphone terkemuka NOKIA yang sempat menjadi raksasa, namun tumbang begitu saja lantaran tidak berinovasi.  Selalu ingat, bahwa konsumen itu sangat kritis dalam hal membandingkan antara yang satu dengan yang lainnya.

Kesimpulannya, jika beberapa faktor diatas sudah Sobiz pahami dan
terapkan, maka bersiaplah menghadapi tren saat ini, dimana konsumen sangat tergantung pada bisnis jasa. Setelahnya, silahkan menikmati omzet hingga ratusan juta jika bisnis yang dijalankan sudah menjadi pilihan utama konsumen.

Untuk mendukung hal tersebut, maka Sobiz bisa bergabung bersama
komunitas YellowPages yang akan membantu dan mendukung terciptanya bisnis yang Sobiz inginkan. Mulai dari memberikan informasi, tips dan trik, bahkan hingga bantuan pendanaan, semuanya bisa Sobiz temukan disini.

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi YellowPages sekarang juga!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Source:
https://zahiraccounting.com/id/blog/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-business-on-demand/

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.