Tips dan Artikel

Business Hack: Cara Beternak Lebah Bagi Pemula Hanya Dari Pekarangan Rumah

2018 August 14 18:05

Bagi seseorang yang baru pertama kali berniat untuk beternak lebah, tentunya masih bingung tentang cara membudidayakan binatang yang satu ini. Memang sudah banyak bukti nyata yang memperlihatkan banyaknya keuntungan yang bisa didapat dari peluang usaha ini.  Namun yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara awal untuk memulainya?

Pada dasarnya, beternak lebah ini tidak terlalu merepotkan bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama, apalagi sampai harus mencari pinjaman modal mudah hanya untuk membangun peluang usaha seperti ini. Yang terpenting, Sobiz harus mengetahui lingkungan sekitar yang memadai. Jika sudah memahaminya, maka Sobiz pun bisa melakukannya hanya dari pekarangan rumah Sobiz saja.

Bagaimana cara memulai ternak lebah dari pekarangan rumah?

Yang pertama kali harus Sobiz lakukan adalah menyiapkan beberapa kotak serta papan yang terbuat dari pohon waru atau pohon sengon jika ada. Usahakan menciptakan sebuah kotak yang benar-benar nyaman untuk ditinggali oleh koloni-koloni lebah nantinya, dengan memperhatikan suhu lingkungan serta faktor-faktor sekitar, seperti panas matahari ataupun asap.

Bagaimana dengan pakan ternaknya?

Satu hal yang menarik jika beternak lebah khususnya lebah madu adalah biaya yang murah untuk pemeliharannya karena untuk pakannya tidak terlalu sulit. Cukup menanam beberapa bunga di sekitar sarang lebah yang Sobiz ternak. Semakin banyak bunga yang ada, maka semakin bagus perkembangan ternak lebah madu ini nantinya. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Sobiz bisa mencari beberapa bunga untuk ditanami atau bisa dengan membangun kebun kopi kecil disekitar wilayah ternak lebah madu.

Semakin banyak tanaman serta bunga disekitar sarang lebah, maka kualitas madu yang akan dihasilkan juga semakin baik dan akan menghasilkan keuntungan yang berlipat juga. Berikut YellowPages akan memberi tahu beberapa tanaman atau bunga yang bisa digunakan sebagai pakan dari lebah madu ternak tersebut, antara lain:

·  Bunga karet

·  Bunga rambutan

·  Bunga marenggo

·  Bunga kopi,

·  Bunga randu

·  Bunga kaliandra

·  Kelapa sawit

·  Bunga kangkung

·  Bunga tembakau

·  Bunga akasia

·  Bunga klengkeng

·  Kayu sono

·  Kayu puspa

·  Mangga

·  Bunga kangkung

Cara di atas masih merupakan dasar-dasar bagi para pemula untuk memulai beternak lebah madu. Sementara itu, di bawah ini YellowPages akan membagikan beberapa teknik selanjutnya untuk mengembangkan ternak lebah madu yang hendak Sobiz bangun. Mulai dari pemilihan bibit lebah, proses penggembalaan lebah madu dan lain sebagainya. Untuk itu, simak selengkapnya berikut ini.

Teknik 1: membangun rumah (sarang lebah)

Buatlah kotak-kotak berukuran sedang sebagai sarang untuk koloni lebah madu nantinya. Berikan ruang  terbuka di bagian atas. Satu hal yang perlu Sobiz ingat adalah kotak kayu yang dibuat tidak boleh dipaku.

Teknik 2: Cara menggembala Lebah Madu

Jika lebah sudah mulai berkoloni, mulai ambil tutup kotak dan letakkan di bagian atas kotak tempat lebah berkoloni tersebut. Jika lebah secara perlahan sudah hinggap di kotak, maka angkat kembali tutup tersebut pelan-pelan.

Sambil dalam posisi menggiring lebah, Sobiz juga harus mencari satu ratu lebah yang ukurannya jauh lebih besar dari lebah lainnya, kemudian potong sayapnya. Mengapa demikian? Karena jika sang ratu terbang, maka lebah lainnya akan pergi mengikutinya, Sobiz tentu tidak mau kehilangan lebah madu yang sudah diternak bukan?

Ratu lebah juga memiliki peran untuk bertelur, maka dari itu usahakan untuk selalu menjaga ratu lebah agar tetap hidup dan tidak boleh jatuh ke tanah. Lebah lainnya memang bisa bertelur, namun sayangnya akan mati setelah bertelur. Berbeda dengan ratu lebah yang tetap hidup meskipun sudah banyak bertelur.

Setelah mendapatkan ratu lebah dan berhasil menggiringnya, maka pastikan terus ratu lebah tetap berada di posisi yang aman, jika perlu Sobiz juga bisa mengikatnya dengan benang kecil atau membuatkan kandang khusus menggunakan kawat nyamuk

Yang terpenting, Sobiz tak perlu takut dengan lebah madu yang beterbangan ke sana ke mari. Pastikan Sobiz sudah mengenakan pakaian yang aman dari sengatan lebah. Lebah yang beterbangan tersebut bertujuan mencari sang ratu lebah. Jika sudah menemukannya, maka semua akan berkumpul kembali dan saling menciptakan madu. Pada akhirnya, Sobiz hanya tinggal menunggu tercipta sarang baru yang berisi madu murni.

Itulah tadi informasi singkat tentang membangun ternak lebah madu hanya dari pekarangan rumah. Jika Sobiz masih kesulitan untuk mencari informasi serta ide untuk membangun bisnis lain yang tepat, maka segera bergabung bersama YellowPages dengan mengunjungi situs YellowPages.

Di sini, Sobiz bisa mendapatkan bantuan serta dukungan untuk membangun sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan, termasuk mendapatkan pinjaman modal mudah untuk usaha yang ingin Sobiz jalankan. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi YellowPages sekarang juga!

Selamat mencoba!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.