Tips dan Artikel

Business Hack: Cara Efektif Mempercepat Pertumbuhan Bisnis di Pertengahan Tahun

2018 July 04 09:32

Tidak terasa saat ini kita tengah memasuki pertengahan tahun 2018. Bagi seorang pelaku usaha, pertengahan tahun menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk roda bisnis yang dijalani. Sementara itu bagi pebisnis yang jeli, pertengahan tahun bisa menjadi salah satu titik balik perputaran kesuseksan dari bisnis hingga bertahan menuju akhir tahun, sekaligus melihatnya sebagai peluang usaha dan keuntungan baru.

Kini yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan titik balik dan mempercepat pertumbuhan bisnis di pertengahan tahun tersebut? Apalagi bagi usaha baru dengan skala kecil atau yang bisa kita sebut dengan UMKM.

Mengutip pemikiran Scott Anthony dari Harvard Business Review, YellowPages akan membagikan sedikit tips mempercepat pertumbuhan bisnis di pertengahan tahun. Simak selengkapnya berikut ini.

Fokus pada fleksibilitas bisnis yang dimiliki

Tips pertama dari YellowPages, yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik sebuah usaha adalah tentang berfokus pada fleksibilitas bisnis serta tim yang Anda miliki. Jika pada pertengahan tahun seluruh aset bisnis serta tim yang Anda miliki sudah cukup untuk memberikan keuntungan yang stabil, maka tak perlu lagi untuk menambahnya.

Tak perlu ragu dengan tim dan aset yang kecil, namun masih bisa memberikan keuntungan yang sama dengan sebuah tim yang besar. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus dan analisa hal tersebut, ketika memasuki pertengahan tahun seperti sekarang.

Jangan ragu turun langsung ke lapangan

Sebagai pemilik usaha, Anda jangan mau dibebankan dengan membayar jasa seorang konsultan ataupun pemasaran. Karena akan lebih baik jika Anda yang turun langsung ke lapangan dan meninjau semuanya sendiri. Cobalah untuk langsung menangani setiap individu yang ada terkait dengan usaha yang dijalankan seperti pelanggan, penjaga toko, pemasok dan lain sebagainya.

Menggunakan analisa data yang tepat dan akurat

Bagi perusahaan yang baru muncul di awal tahun, pertengahan tahun bisa menjadi sarana paling tepat untuk melakukan evaluasi dan belajar dari setiap kondisi yang ada sejak awal didirikannya usaha tersebut. Selalu pikirkan tentang analisa data yang lain dan baru daripada hanya sekadar penjualan saja.

Sebut saja seperti kepuasan pelanggan Anda, tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan bisa sampai melekat di pikiran pelanggan dan lain sebagainya.

Menjaga agar aliran dana tetap menuju kepada bisnis Anda

Jika Anda memilih membangun sebuah bisnis lewat peran dan keyakinan investor sebagai pinjaman modal mudah, maka bersiaplah untuk membuktikannya di pertengahan tahun ini. Bisnis atau usaha yang Anda jalankan harus bisa bertanggung jawab dengan dana yang dikucurkan oleh investor. Yang jelas, setiap kali Anda mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada, maka investor pun akan yakin untuk segera mengucurkan dana di tahun-tahun berikutnya untuk Anda.

Melakukan konsultasi dengan yang berpengalaman

Jika Anda memiliki sebuah ide pertumbuhan bisnis, namun ide tersebut masih terlalu jauh dari yang Anda harapkan karena Anda seorang pemula, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan yang lebih berpengalaman. Orang-orang berpengalaman tidak harus jasa konsultan bisnis ataupun pemasaran. Namun bisa juga sebuah komunitas, organisasi ataupun lembaga lainnya yang berhubungan dengan bisnis.

Salah satunya adalah YellowPages yang mampu memberikan solusi bagi para pelaku usaha baru, khususnya UMKM untuk dapat mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Dengan bergabung bersama YellowPages, bukan hanya pengalaman saja yang bisa didapatkan melainkan berbagai keuntungan lainnya. Karena tanpa pengalaman biasanya sebuah bisnis akan berjalan secara lebih lambat.

Untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap mengenai YellowPages, maka Anda bisa langsung mengunjungi websitenya di www.YellowPages.co.id dan bersiaplah untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Selamat mencoba!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.