Tips dan Artikel

Business Hack: Kunci Sukses Melakukan Ekspansi Bisnis Menurut Para Ahli

2018 October 25 14:03

Jika sudah mulai menemukan peluang usaha dan menjalaninya, tentunya akan terbesit untuk mengembangkan usaha ke arah yang lebih besar. Pemikiran seperti ini tidak hanya muncul pada perusahaan besar saja, melainkan juga bagi usaha kecil dan berbagai jenis usaha lainnya. Pengembangan usaha pun dilakukan dengan cara membuka cabang baru di berbagai tempat. Cara ini lah yang kemudian disebut dengan ekspansi bisnis.
Sayangnya, ekspansi bisnis seringkali dilakukan dengan cara-cara yang salah, sehingga tidak memberikan dampak positif terhadap usaha yang dijalankan. Seringkali para pemilik usaha gegabah dalam mengambil keputusan karena tergiur dengan keuntungan yang nantinya bakal dihasilkan. Namun pada akhirnya, justru kegagalan yang diterima.
Lantas, bagaimana seharusnya melakukan ekspansi bisnis secara baik dan benar? Berikut YellowPages telah merangkumnya berdasarkan penuturan para ahli. Kira-kira seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini.
Ekspansi bisnis di era digital
Sekarang ini kita hidup di era digital, di mana semua hal memiliki keterikatan terhadap dunia Internet. Ternyata, berkat adanya fenomena seperti ini terdapat juga peluang baru untuk seorang pemilik bisnis melakukan ekspansi. Akan tetapi dengan adanya era digital ini juga, sebuah bisnis dituntut untuk dapat berkembang secara cepat memenuhi kebutuhan pasar serta banyaknya permintaan konsumen.
Hal ini dikemukakan juga oleh profesor Mohan Sawhney yang merupakan seorang ahli bisnis Manajemen asal India lewat bukunya “Fewer, Bigger, Bolder: From Mindless Expansion To Focused Growth,” yang mengatakan bahwa dengan memasukkan bisnis ke dalam era digital, merupakan salah satu cara paling cerdas dalam melakukan ekspansi.
Lebih lanjut Sawhney mengatakan bahwa setidaknya ada 3 langkah utama yang harus dilakukan seorang pebisnis untuk melakukan ekspansi lewat pertumbuhan yang berkesinambungan.

Yang pertama adalah “Fewer” dimana seorang pemilik perusahan harus jeli dalam mengamati serta menangkap setiap peluang yang ada. Sehingga ketika melakukan sebuah ekspansi bisnis, sang pemilik tidak harus mengeluarkan banyak dana dan tenaga di berbagai tempat, melainkan di salah satu jenis usaha yang memang memiliki potensi yang cukup besar saja.

Yang kedua adalah “Bigger” di mana seorang pebisnis harus mampu menganalisa setiap potensi besar yang bisa dimanfaatkan dari salah satu usaha yang akan di ekspansi.

Yang terakhir adalah “Bolder”, yaitu kondisi di mana seorang pebisnis harus mampu meraih keuntungan yang besar di masa mendatang dari hasil ekspansi bisnis yang dilakukan.

Menurutnya, inti dari tiga kunci utama tersebut adalah fokus. Sebuah perusahaan harus mampu fokus dalam menemukan potensi yang bisa membawa perusahaan tersebut menuju pertumbuhan secara berkesinambungan. Dan dalam hal ini, inti yang dimaksud adalah dalam hal modal, SDM, program kerja, peluang dan lain-lain.
Tips ekspansi bisnis menurut profesor Mohan Sawhney
Saat dalam proses riset dan analisa pasar, sebuah perusahaan juga harus mampu melakukan pemetaan yang tepat terhadap berbagai potensi besar yang mampu dimanfaatkan. Sementara dalam hal strategi, sebuah perusahaan juga harus mampu menciptakan sebuah prioritas yang tepat dalam hal peningkatan bi dang mana saja yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan paling besar dari perusahaan yang dimiliki.
Setelahnya, sebuah perusahaan harus membuat sebuah indikator tentang keberhasilan yang harus dicapai atau yang biasa disebut dengan metriks. Dengan cara ini, sebuah implementasi serta eksekusi dari niatan ekspansi bisnis bisa diukur secara lebih terarah.

Demikianlah informasi singkat mengenai kunci sukses untuk melakukan ekspansi bisnis menurut ahli. Bagaimana dengan Sobiz, apakah sudah siap untuk melakukan ekspansi bisnis yang dimiliki? Temukan lebih banyak informasi seputar strategi pengembangan bisnis dengan mengunjungi situs YellowPages sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.