Tips dan Artikel

Business Hack: Permainan Diskon Untuk Menjaring Banyak Konsumen Loyal

2018 July 11 08:35

Sebagai wirausahawan, tentunya kita ingin mendapatkan banyak konsumen yang setia dan loyal terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Salah satu cara yang paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan banyak promo atau diskon. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam pemberian diskon tersebut, karena konsumen biasanya akan jauh lebih pintar dalam memahami sebuah diskon.

Lantas bagaimana seharusnya sebuah bisnis atau perusahaan memberikan diskon yang layak untuk menjaring banyak konsumen loyal? Berikut YellowPages akan menjabarkan secara singkat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Menggunakan kata ajaib:  “Gratis”

Sejak zaman dahulu, kata “gratis” memang selalu menjadi primadona dalam urusan jual-beli, sekaligus menjadi sebuah kata ajaib untuk urusan promosi. Meskipun pada kenyataanya tidak ada yang gratis di dunia ini namun tetap banyak pelanggan yang terhipnotis akan kata ini. Sebuah trik menarik menggunakan kata “gratis” adalah dengan memberikan penawaran khusus kepada pelanggan lewat berbelanja dengan nominal tertentu, batas waktu tertentu, dan lain sebagainya yang membuat konsumen berhak atas sesuatu yang gratis.

2. Diskon untuk musim tertentu

Seasonal discount atau diskon di musim-musim tertentu bisa menjadi cara cepat untuk Anda menjaring konsumen yang loyal. Musim-musim yang dimaksud antara lain seperti musim liburan ataupun event tertentu yang sedang tren di masyarakat dan berpengaruh terhadap peluang usaha yang Anda jalankan

3. Diskon khusus bagi pelanggan setia

Demi mendapatkan konsumen loyal baru, maka Anda harus bisa menjaga konsumen loyal Anda yang lama. Untuk itu Anda bisa memberikan diskon khusus bagi konsumen lama yang sering berbelanja dengan brand Anda. Dengan cara ini konsumen baru bisa melihat bahwa Anda mampu memanjakan konsumen secara layak.

4. Menggunakan teknik charm price (angka 5 dan 9)

Banyak para ahli marketing yang paham akan pencarian peluang usaha dan keuntungan, sepakat bahwa pemberian diskon yang baik bisa dilakukan dengan menggunakan teknik “charm price”, yang membuat sebuah harga terkesan jauh lebih murah di mata pelanggan yang melihat. Di antaranya adalah dengan menerapkan sistem harga yang memiliki akhiran angka 9 ataupun 5. Dan faktanya, teknik ini sukses mencuri perhatian banyak konsumen hingga hari ini. Seperti contoh adalah harga 99.999 yang sangat unik!

5. Menggunakan konsep diskon paketan

Diskon tak hanya soal beli satu gratis satu, tapi juga bisa dalam bentuk paket pembelian. Sebut saja seperti paket hemat, paket khusus dan lain sebagainya. Jenis paketan ini sangat cocok bagi Anda yang bergerak di bidang usaha elektronik maupun furniture.

6. Yang paling ampuh: diskon setengah harga!

Yang terakhir dan paling fenomenal adalah diskon potongan harga hingga setengahnya atau yang biasa dijumpai dengan tulisan “diskon 50%”. Strategi seperti ini seringkali dianggap mujarab oleh banyak pelaku usaha yang pada akhirnya akan menggaet banyak konsumen loyal.

Demikianlah informasi singkat yang bisa YellowPages sampaikan mengenai teknik diskon yang mampu mendatangkan banyak pelanggan setia untuk bisnis ataupun usaha Anda. Ingin mendapatkan informasi lebih banyak seputar trik dan tips dalam berbisnis? Ingin mencari solusi dari segala permasalahan bisnis Anda? Atau bahkan ingin menemukan peluang usaha yang tepat bagi pemula seperti Anda ? Segera bergabung bersama YellowPages dengan mengunjungi YellowPages sekarang juga!

 

Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.