Tips dan Artikel

Cara Menggapai Kesuksesan dengan Pola Pikir Positif

2018 February 23 17:16

Menurut kamu apa sih yang bisa dilakukan untuk mencapai kesuksesan? Kerja keras? Banyak tindakan? Banyak belajar?  Meskipun cara-cara tersebut sangat penting dalam mencapai tujuan kita, namun hal ini tidak mungkin dilakukan tanpa pola pikir positif.

Sebagai manusia, kita tentu cenderung bersandar pada pandangan negatif ketika sampai pada harapan dan impian kita. Kita cenderung percaya bahwa kita memiliki keterbatasan baik dari dalam diri kita atau dari kekuatan eksternal yang menghalangi kita untuk benar-benar mencapai tujuan hidup kita. 

Kecenderungan untuk berpikir bahwa kita akan “mempercayainya saat kita melihatnya” menunjukkan bahwa pola pikir kita terfokus pada tujuan yang tidak dapat dicapai sampai benar-benar dapat dicapai. Masalahnya adalah bahwa pola pikir umum ini memicu keyakinan kita yang membatasi dan menunjukkan kurangnya kepercayaan pada diri kita sendiri.

Keberhasilan dalam mencapai tujuan kita berawal dari ‘pola pikir sukses’. Pola pikir yang sukses adalah fokus pada kemenangan, berdasarkan sikap mental positif, dan kebiasaan baik. Memperoleh pola pikir sukses adalah cara yang pasti untuk meningkatkan kesempatan kamu mencapai tujuan.

1. Pola pikir sukses muncul dari pola pikir pertumbuhan

Bagaimana pola pikir mewujudkan dirinya sendiri? Itu berasal dari cara kamu berbicara dengan diri sendiri dalam privasi. Menyadari hal ini akan berjalan jauh untuk memperhatikan bagaimana kamu berbicara kepada diri sendiri dan orang lain di sekitarmu.

Pola pikir negatif membawa serta sejumlah besar keyakinan yang membatasi. Ini menciptakan pola pikir tetap – yang tidak dapat melampaui keterbatasannya sendiri. Pola pikir pertumbuhan melihat keterbatasan ini dan terlihat di luar jangkauannya – ia menemukan cara untuk mengatasi hambatan dan percaya bahwa ini akan menghasilkan kesuksesan. Ketika memikirkan tujuan kamu, pola pikir tetap mungkin berpikir “bagaimana jika saya gagal?” Pola pikir pertumbuhan akan melihat tujuan yang sama dan berpikir “kegagalan terjadi tapi itu tidak berarti saya tidak akan sukses.”

2. Carilah Keberhasilannya

Penting sekali agar pikiran kamu terfokus pada aspek positif dari tujuan kamu. Menemukan inspirasi melalui orang lain dapat benar-benar membangkitkan semangat dan membuat kamu tetap pada jalur; memperkuat keyakinan kamu bahwa impian kamu bisa tercapai. Temukan orang-orang yang dapat kamu ajak bicara tentang bagaimana mereka mencapai tujuan mereka. Hal ini penting jika kamu belajar mengembangkan pola pikir positif.

3. Hilangkan mindset negatif

Kamu bisa menemui banyak hal negatif kadang-kadang melalui orang lain atau di dalam diri sendiri. Memahami bahwa opini negatif orang lain tercipta melalui ketakutan mereka sendiri dan keyakinan yang membatasi akan berjalan jauh dalam mempertahankan pola pikir kesuksesanmu. 

Untuk banyak hal, obrolan negatif bisa datang dari dalam dan ini biasanya terwujud sebagai kata-kata negatif seperti tidak bisa, tidak akan, seharusnya tidak. Terkadang, ketika kita memikirkan bagaimana kita akan mencapai tujuan kita, pernyataan dalam pikiran kita keluar sebagai hal yang absolut negatif: ‘Tidak pernah berhasil bagi saya’ atau ‘Saya selalu gagal.’

4. Buat sebuah visi

Membayangkan tujuan akhir kamu dan melihatnya di dalam pikiran merupakan ciri penting dari pola pikir sukses. Memungkinkan diri kita untuk membayangkan kesuksesan kita menciptakan kegembiraan yang kuat yang seharusnya tidak diremehkan. Ketika otak kita menjadi bersemangat memikirkan pencapaian tujuan kita, kita menjadi lebih berkomitmen, bekerja lebih keras untuk mencapainya dan lebih mungkin melakukan apa pun untuk mewujudkannya. (inf)

(***)

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.