Tips dan Artikel

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

2020 January 29 05:12

YPagers, setuju tidak jika memiliki badan ideal akan membuat kita menjadi lebih percaya diri? Tentu saja setuju kan?! Apalagi jika YPagers seorang wanita, punya badan ideal adalah suatu kebanggan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan bila kita memiliki berat badan ideal. Seperti yang diungkapkan beberapa penelitian, diantaranya terhindar dari penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Bagaimana caranya agar kita tahu bahwa berat badan kita ideal? Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menghitungnya. Belum tahu cara hitungnya? Simak info berikut ya

Berat badan : tinggi badan – 100 x 90% = badan ideal

Misalnya, jika tinggi badan kita adalah 160 cm.

Cara menghitungnya : (160-100) x 90% = 60 x 90%= 54

Jadi berat badan ideal kita adalah 54kg

Selain itu YPagers juga harus bisa menghitung BMI. BMI atau Body Mass Index adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur proporsionalitas antara tinggi dan berat badan seseorang. BMI merupakan cara yang mudah untuk menilai apakah seseorang mengalami obesitas atau tidak.

Cara perhitungan BMI (Body Mass Index) adalah sebagai berikut:

berat badan ÷ kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter).

Misalnya, berat badan kita 55 kg dengan tinggi 155 atau 1,55 meter

Maka, BMI kita 55÷ (1,55 kuadarat atau pangkat 2)

Jadi, 55 ÷ 2,40 = 22, 9

Hasil BMI yang normal adalah dengan rentang nilai 18.5 – 24.9. Apabila hasil BMI berada di bawah 18.5 berarti asupan kalori harian YPagers lebih rendah dari kebutuhan. Namun jika hasil BMI YPagers berada di atas 24.9 berarti asupan kalori YPagers lebih tinggi dari kebutuhan sehari-hari.

Bila berat badan kita tidak ideal, maka kita harus mengurangi makan makanan yang mengandung banyak lemak seperti daging, goreng-gorengan, dan sebagainya. Serta jangan lupa berolahraga agar tubuh sehat dan tetap bugar ya, YPagers.

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.