Tips dan Artikel

Dari Busana Muslim, Bisa Raup Ratusan Juta Rupiah Per Bulan

2018 May 08 17:32

Berhijab bukan lagi kendala. Jika dulu banyak pro kontra, kini busana tertutup malah dipasarkan dimana-mana. Nina Nugroho menjadi salah satu penggiatnya.

Memulai karier sebagai desainer abaya pada 8 tahun silam, kini Nina memutuskan untuk berganti gaya. Brand yang mulai ditekunianya sejak 5 tahun terakhir fokus mendesain office wear.

“Awal 2018 ini, manajemen memutuskan fokus ke office saja. Tagline-nya kita kan modest fashion for active muslimah. Karena banyak sekali muslimah yang bekerja, tapi mereka tidak banyak mendapat asupan bagaimana cara mereka berpakaian,” ujarnya.

Modal awal untuk label Nina Nugroho, adalah sekitar Rp 400 juta untuk ongkos produksi seperti bahan, penjahit, aksesori hingga finishing. Produksi pertama Nina Nugroho adalah pakaian, outer, abaya, rok, gamis dan pashmina.

Nina menceritakan tak disangka, labelnya mendapatkan respons yang baik dari pembeli. Per 2017 , omzet yang dibukukan oleh Nina Nugroho mencapai Rp 5 miliar setahun atau sekitar Rp 400 jutaan tiap bulan.

Memang, Nina gencar melakukan perkenalan ke banyak departemen store seperti Sogo dan Debenhams dan sejumlah pemilik butik. 

“Untuk masuk Debenhams itu minimum 100 pcs, lalu saya juga sering ikut pameran dan menyediakan 1000 piece pakaian,” ujar Nina.

Nina menambahkan, selain itu saat ini para desainer biasanya memproduksi pakaian yang mencerminkan aktualisasi dirinya di jagat fashion. Namun Nina juga menerapkan, konsep desain yang tidak hanya siap pakai, namun mudah dipakai dan bisa digunakan oleh siapa saja.

Ia mengaku mendapat dukungan dari sang suami dan lingkungan sekitarnya untuk lebih serius dengan passion-nya. Tidak hanya mendesain pakaian yang nyaman dan sesuai kaidah Islam, ia pun ingin menginspirasi perempuan untuk berpenampilan lebih rapi dan enak dipandang saat bekerja di tengah kota.

“Nah, kita ingin membangun kepercayaan diri pada perempuan dengan cara berpakaian dulu. Kalau kita udah mencuri perhatian dari penampilan, baru deh, kita punya kesempatan untuk mempresentasikan diri,” tuturnya. (inf)

(***) 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.