Tips dan Artikel

Deretan Orang Terkaya di Dunia dari Bidang Teknologi, Siapa Saja?

2018 March 13 17:57

Teknologi menjadi salah satu industri yang menghasilkan deretan bos terkaya di dunia, dan jumlahnya semakin bertambah.

Dalam The World’s Billionaires 2018, daftar orang terkaya di dunia yang baru-baru dirilis oleh Forbes, terdapat 206 individu yang menyandang status sebagai bos teknologi.

Angka itu merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya, dengan 23 nama baru yang masuk ke dalam daftar tersebut, melansir dari Forbes, Selasa (13/03/2018).

Secara kolektif, ratusan bos teknologi tersebut memiliki kekayaan hingga USD 1,3 triliun, meningkat 30% dari 2017, dengan 58% dari mereka mencatatkan kekayaan lebih baik, sedangkan hanya 13% yang mengalami penurunan.

Amerika Serikat dan China menjadi negara penyumbang bos-bos teknologi paling tajir dunia, dengan masing-masing berkontribusi sebesar 38% dan 26% dari 206 orang di dalam daftar Forbes.

Tahun ini pun menjadi momen yang bersejarah bagi China karena untuk pertama kalinya dua bos teknologi asal negeri Tirai Bambu masuk ke dalam 20 besar daftar orang terkaya di dunia, yaitu Ma Huateng (urutan 17) selaku CEO Tencent dan Jack Ma (urutan 20) sebagai Chairman Alibaba.

Selain China, Rusia pun patut berbahagia karena terdapat dua nama pendatang baru yang berasal dari negeri pecahan Uni Soviet tersebut dalam daftar rilisan Forbes.

Pertama ada Andrey Andreev yang mendirikan Badoo pada 2006, salah satu platform kencan online terbesar di dunia dengan 377 juta pengguna dari 190 negara.

Badoo juga merupakan pemegang saham terbesar dari Bumble, aplikasi kencan asal Amerika Serikat. Kekayaan Andreev sendiri menyentuh angka USD 1,5 miliar sekaligus mengantarkannya bertengger di posisi 1.561.

Nama kedua adalah Pavel Durov, yang dikenal sebagai ‘Mark Zuckerberg dari Rusia’. Kreasi terbesarnya adalah Telegram Messenger yang kini sudah memiliki 100 juta user di seluruh dunia.

Durov yang juga mendirikan jejaring sosial lain bernama Vkontakte pada 2007 memiliki kekayaan USD 1,7 miliar dan menempati urutan 1.394.

Walau usia kebanyakan bos teknologi tersebut sudah tidak muda, hanya 26 dari mereka yang berumur di bawaj 40 tahun, namun patut diacungi jempol bahwa 94% dari 206 orang ini mampu menghasilkan kekayaannya sendiri dan bukan merupakan warisan.

Lebih membanggakannya lagi, dua pemuncak daftar The World’s Billionaires datang dari industri teknologi, yaitu Jeff Bezos, CEO Amazon di urutan teratas dengan kekayaan USD 112 miliar, yang disusul oleh founder Microsoft, Bill Gates, lewat harta senilai USD 90 miliar.

Sedangkan bos teknologi perempuan terkaya adalah Zhou Qunfei, Chairman Lens Technology, dengan kekayaan USD 7,8 miliar dan berada di posisi 198. 

Ia merupakan salah satu dari 15 bos teknologi wanita yang masuk dalam daftar. Angka ini sendiri merupakan peningkatan dari tahun lalu yang hanya menyertakan 12 orang.

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

  

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.