Tips dan Artikel

Ganti Tahun, Mari Kenali Perbedaan Cara Berbisnis Zaman Dulu dengan Zaman Now

2019 February 26 06:52

Perkembangan zaman seolah membuat semuanya menjadi berbeda, sebagai individu kita dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat. Dimulai dari cara berinteraksi dengan orang lain, media komunikasi yang digunakan, sampai cara berbisnis pun menjadi beda, ketika sudah banyak fasilitas internet yang disediakan.

Proses adaptasi memnag penting untuk dilakukan, karena sebagai pebisnis harus dapat terus berinovasi mengikuti tren yang sedang berkembang. Nah lalu apa aja sih yang berubah dari proses bisnis zaman dulu dengan zaman yang sekarang ? apakah Anda sudah menyadarinya ? Yuk simak yang berikut ini.

1.   Zaman dulu berbisnis hanya dalam lingkup jam operasional. Namun zaman sekarang, Anda wajib siap sedia dalam waktu 24 jam untuk melayani konsumen. Jangan sampai pelanggan mencari orang lain loh.

2.   Zaman dulu masih serba kertas dan manual dalam hal pencatatan, namun zaman sekarang semua sudah serba digital dalam menjalankan laporan bisnis jenis apapun. Hal ini dikarenakan menggunakan kertas, seringkali membuah data berantakan bahkan sampai hilang.

3.   Zaman dulu mungkin Anda hanya memerlukan pegawai yang sedikit dan semuanya dapat multitasking, namun zaman sekarang Anda nampaknya memerlukan jumlah pegawai yang lumayan banyak agar fokus menangani konsumen 24 jam melalui digital.

4.   Zaman dulu Anda hanya bisa berbisnis dengan sesuatu yang bertemu secara tatap muka, entah konsumen yang datang ataupun Anda yang jemput bola. Namun zaman sekarang, Anda dapat berbisnis darimana saja. Bahkan di luar Indonesia sekalipun, karena dengan internet Anda bisa mengenalkan bisnis tersebut ke mancanegara.

5.   Zaman dulu karena Anda harus bertatap muka dengan konsumen, sehingga terbatas lingkup maupun waktu nya. Namun berkat hadirnya internet, Anda akan menemui berbagai macam orang, bahkan dari berbagai macam negara. Nah Anda harus siap-siap ya memperkerjakan karyawan yang pandai bahasa asing dan berkomunikasi dengan mereka.

Nah itulah beberapa informasi mengenai perbedaan dunia bisnis zaman dulu dengan zaman sekarang yang wajib Anda ketahui. Jika masih bingung, Anda bisa mencari lebih lanjut mengenai informasi seputar bisnis, peluang usaha, hingga tips untuk mengembangkan usaha dengan mengunjungi situs www.yellowpages.co.id

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.