Tips dan Artikel

Hobi Menulis? 5 Profesi Berikut Bisa Jadi Sumber Penghasilan

2019 July 24 07:51

Menulis memang bisa menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang. Dengan menulis, YPagers  bisa mencurahkan isi hati dan pikiran dalam bentuk-bentuk tulisan. Kini menulis tak hanya dijadikan sebagai hobi saja. Banyak aktivitas-aktivitas menulis yang bisa dijadikan profesi yang menghasilkan uang dan keuntungan.

Apalagi bagi YPagers yang memiliki skill dan passion menulis, peluang ini sangat cocok untuk mendapatkan uang dengan mudah dan menyenangkan. Nah, berikut ini beberapa aktivitas menulis yang telah jadi sumber peghasilan.

1. Mengisahkan Cerita dengan Menjadi Novelis

Bagi YPagers  yang hobi menulis, mengapa tak menuangkannya ke dalam bentuk novel? Pasti YPagers kenal dengan Dewi Lestari, Eka Kurniawan, atau Pidi Baiq, bukan? Nama-nama tersebut merupakan contoh novelis Indonesia yang cukup populer karena karya-karyanya. Orang-orang di atas juga bisa menjadi contoh bagaimana profesi sebagai novelis jadi sumber penghasilan.

Untuk menjadi novelis yang populer, tentu saja hal pertama yang harus YPagers  cari adalah ciri khas dari gaya penulisan. Hal ini tentu saja YPagers dapatkan dengan berlatih menulis dan banyak-banyak membaca. YPagers juga bisa mengikuti beragam kegiatan kepenulisan yang sering kali diadakan penerbit-penerbit buku ataupun penulis terkenal.

2. Nikmati Keuntungan sebagai Blogger yang Menawarkan Jasa Promosi

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak sekali orang yang memiliki blog untuk dijadikan sebagai sarana menulis. Dengan blog yang dimiliki, mereka bisa meraih untung dengan memperdagangkan barang. YPagers bisa memanfaatkan blog untuk ditawarkan sebagai media promosi.

Banyaknya orang atau perusahaan yang ingin mengiklankan produk mereka tergantu seberapa populer blog yang dijalankan. Karena itu, buatlah blog semenarik mungkin mulai dari banyaknya konten yang disajikan hingga tampilannya yang ramah untuk digunakan.

3. Script Writer: Cerita yang Ditulisnya Punya Nilai Jual

Bagi YPagers yang suka menulis cerita-cerita menarik, mengapa tak mencoba untuk menjadi penulis naskah cerita atau script writer? Hasil tulisan cerita YPagers  nantinya bisa ditunjukan ke production house (PH). Jika alur cerita yang YPagers  buat menarik, tentu saja PH akan tertarik untuk membayarnya.

YPagers bisa bekerja sebagai penulis naskah tetap ataupun menjadi penulis lepas. Hasil karya yang YPagers buat nantinya akan diberikan harga yang pantas. Pastikan jika YPagers menawarkan cerita YPagers ke PH yang sudah punya nama.

4. Freelance Writer Mendapat Profit dari Karya yang Dibuatnya

Pekerjaan menulis lainnya yang bisa membuat YPagers  memperoleh uang adalah menjadi penulis lepas di media-media online. Saat ini banyak sekali media online yang menawarkan ruang bagi penulis lepas untuk berkarya. Entah itu berupa artikel, cerpen, opini, dan lainnya bisa ditulis untuk media-media online tersebut.

Dari sanalah YPagers bisa mendapatkan uang yang sesuai dengan tulisan yang YPagers hasilkan. Bahkan, pekerjaan ini juga dapat dilakukan, baik YPagers yang masih kuliah maupun sudah bekerja. Sebab waktu pengerjaan bisa diatur sesuai dengan keinginan.

5. Proofreader: Menghasilkan Uang dari Setiap Tulisan yang Diperiksanya

Pekerjaan yang satu ini cukup akrab di kalangan penulis novel ataupun penerbitan buku. Hal ini dikarenakan tugas dari proofreader ini adalah untuk memeriksa apakah ada kesalahan penulisan, ketik, hingga tanda baca sebelum buku tersebut akan dicetak.

Tak hanya itu saja, proofreader juga memiliki tugas memeriksa susunan kalimat cerita hingga logis atau tidaknya penulisan. Jika YPagers ingin bekerja menjadi proofreader, YPagers  bisa mencoba menawarkan diri pada penerbitan buku. YPagers  bisa memilih menjadi pekerja tetap atau lepas. Bekerja tetap ataupun lepas tetap dapat memberikan penghasilan yang cukup lumayan bagi YPagers.

Sumber: suara.com

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.