Tips dan Artikel

:

Hore! Indonesia Masuk Daftar Negara Paling Kompak di Dunia

2018 May 17 17:06

Jangan biarkan tragedi bom di Surabaya membuat kita sedih. Saatnya bersatu, karena dunia mengakui Indonesia sebagai salah satu negara yang rakyatnya kompak.

Salah satu yang dicari oleh wisatawan mancanegara saat pergi ke negara lain adalah sikap masyarakatnya yang ramah dan sopan. Itulah salah satu keunggulan Indonesia.

Kekompakan rakyat Indonesia bukan isapan jempol, tapi terukur dalam riset yang serius. Legatum Institute yang berkedudukan di London, Inggris, pernah merilis hasil riset bertajuk The Legatum Prosperity Index 2017.

Dilihat detikTravel dari situs resminya, Selasa (15/5/2018) riset ini mengukur kesejahteraan di 149 negara dengan berbagai parameter, antara lain kesetaraan ekonomi, pemerintahan sampai modal sosial atau social capital. Nah, Indonesia masuk dalam 10 negara dengan modal sosial terbaik di dunia.

Modal sosial adalah ukuran kekuatan hubungan antar manusia, dukungan jejaring sosial, norma-norma sosial dan partisipasi masyarakat di dalam suatu negara. Bahasa sederhananya, ini mengukur tingkat ikatan sosial dan kekompakan penduduknya.

Faktanya, Indonesia ada di peringkat 10 besar dunia! Lebih bagus dari Belanda, Jerman bahkan Singapura dan Malaysia. Peringkat 1 adalah Australia, diikuti Selandia Baru dan Islandia.

Ikatan sosial dan kekompakan penduduk inilah yang juga membuat wisatawan mancanegara akan nyaman traveling di negara tersebut. Mendapat senyuman warga lokal saja, para wisatawan sudah senang, apalagi sampai dibantu atau diperlakukan dengan ramah.

Inilah 10 besar negara dengan modal sosial terbaik menurut The Legatum Prosperity Index 2017:

1. Australia

2. Selandia Baru

3. Islandia

4. Denmark

5. Norwegia

6. Kanada

7. Malta

8. Irlandia

9. Amerika Serikat

10. Indonesia 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.