Tips dan Artikel

Ide Usaha Kreatif: Menciptakan Jasa Tukang bangunan Panggilan Secara Online

2018 August 27 17:26

Di Indonesia masih ada banyak sekali orang yang menjadi buruh kasar atau biasa disebut tukang bangunan lantaran sulitnya mencari pekerjaan yang layak. Namun jika Sobiz cermat dalam memperhatikan keadaan ini, maka Sobiz bisa memberdayakan mereka dengan menciptakan ide usaha yang cukup kreatif di tahun ini. Yaitu, menciptakan jasa tukang bangunan panggilan berbasis online.

Tak hanya ojek online yang bisa mengangkat derajat para tukang ojek. Dengan konsep online ini, maka Sobiz pun akan bisa memberdayakan tukang bangunan untuk menjadi karyawan, mengingat saat ini bisnis jasa dan layanan sedang laris manis di pasaran Indonesia.

Berikut YellowPages akan membahas secara singkat tentang apa saja yang harus diperhatikan jika ingin menjalankan peluang usaha seperti ini. Antara lain adalah:

Sudah duluan dilakukan di Eropa dan Amerika

Mendengar kata tukang bangunan pasti yang terlintas dipikiran banyak orang adalah sosok pria lusuh yang bekerja secara kasar untuk membangun ataupun membetulkan rumah yang rusak. Tetapi berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, tukang bangunan di negara ini berpakaian rapi layaknya pekerja profesional dan bisa dipanggil berbasis online untuk mendatangi langsung rumah yang akan di tuju.

Lantas, mengapa hal ini tidak diterapkan di Indonesia yang negaranya sedang berkembang dan banyak pembangunan di mana-mana?

Proses pemasaran adalah hal yang paling penting

Jika berbicara tentang peluang usaha berbasis online, maka yang pertama yang harus diperhatikan adalah proses pemasarannya. Memang, Sobiz juga harus memiliki beberapa karyawan buruh bangunan tersebut. Namun jika pemasaran tidak bagus, maka usaha jasa yang ditawarkan tidak akan efektif menembus target market yang dituju. Di sinilah tantangan untuk menciptakan sebuah usaha berdasarkan online.

Yang jelas, tips-nya adalah dengan memasarkan usaha Sobiz tersebut lewat sosial media, website dan blog. Jika Sobiz memiliki cukup modal, maka bisa juga dengan menciptakan sebuah aplikasi di smartphone yang nantinya lebih mudah untuk digunakan oleh konsumen.

Menciptakan tarif yang sesuai

Jika sudah menjadi tukang bangunan online, maka tentu saja tarif pekerjaan yang ditawarkan akan berbeda dengan tukang bangunan pada umumnya. Tapi yang jelas, Sobiz harus melakukan beberapa riset pasar untuk mengetahui biaya atau tarif yang biasa didapat oleh tukang bangunan per harinya. Sehingga Sobiz pun mampu menghitung estimasi selanjutnya untuk menentukan tarif jika sudah menggunakan layanan online.

Sebagai awal, Sobiz bisa menghitung antara jarak yang akan ditempuh oleh karyawanan bangunan Sobiz nantinya menuju rumah konsumen yang memesan jasa Sobiz. Barulah menghitung tarif berdasarkan tingkat pekerjaan yang diminta oleh konsumen.

Mencari karyawan yang sesuai dan ahli di bidangnya

Meskipun ada banyak kuli bangunan, tapi Sobiz juga harus mencari yang terbaik di antara yang baik. Usahakan mencari tukang bangunan yang bisa dipercaya dan bekerja secara profesional sehingga bisa dipekerjakan layaknya karyawan.

Tak hanya itu, pastikan juga Sobiz memilih mereka berdasarkan keahlian masing-masing sehingga tidak terjadi persaingan di dalam usaha Sobiz sendiri. Sebagai contoh, carilah tukang bangunan yang masing-masing ahli di bidang ledeng, cor, bagian pengecatan, pembangunan, dan lain sebagainya.  

Tambah berbagai fitur lainnya

Untuk membuat peluang usaha ini menjadi lebih menarik di mata konsumen, maka cobalah untuk menambahkan berbagai fitur khusus kepada konsumen. Seperti misalnya tambahan layanan cleaning service atau adanya promo tertentu di hari-hari tertentu di mana orang-orang sedang gencar membenahi rumah mereka.  Tak hanya itu, pelayanan yang baik juga harus dipertahankan sehingga membuat konsumen nyaman untuk memesan jasa Sobiz di lain hari.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai ide usaha unik yang bisa Sobiz jadikan referensi. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai ide bisnis lainnya, silahkan bergabung bersama komunitas YellowPages. Dengan bergabung bersama YellowPages, Sobiz juga bisa mendapatkan bantuan serta dukungan untuk memajukan usaha yang dijalankan.

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi YellowPages sekarang juga!

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.