Tips dan Artikel

Indahnya Bisnis Mahar Pernikahan Yang Memberikan Omzet Hingga Puluhan Juta Setiap Bulan

2018 August 12 09:01

Menemukan sebuah peluang usaha dari kebahagian orang-orang? Tentu saja hal itu bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyisir pasar pernikahan masa kini yang identik dengan segala macam keunikan dan kreatifitas. ‘Bisnis kebahagiaan’ seperti ini memang tengah naik daun. Namun jika Sobiz berniat untuk terjun di bisnis ini, maka setidaknya Sobiz harus memiliki kreatifitas yang tinggi, dan tentunya smart dalam menemukan berbagai inovasi/

Seperti halnya Dede Heriswanto, seorang pria yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat ini sukses membuka usaha mahar pernikahan berupa uang kertas yang didesain sedemikian rupa menggunakan teknik origami. Berawal, dari hobi akhirnya kini Dede pun berhasil mengembangkan usahanya tersebut.

Menurutnya, sejak remaja ia sudah menyenangi seni melipat kertas atau origami tersebut. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjual hobinya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Bisnis mahar pernikahan yang ia jalankan tergolong sederhana, namun membutuhkan jiwa seni yang cukup tinggi. Bagaimana tidak, Dede mampu melipat secara sempurna pecahan Rp 1.000 hingga Rp 100.000 menjadi sebuah bentuk karya seni bernilai tinggi, yang selanjutnya akan dijadikan mahar orang yang ingin menikah. Berbagai bentuk pun telah berhasil ia ciptakan, mulai dari miniatur mesjid, hingga perahu layar dari uang kertas tersebut.

Dede mengaku ia bisa membuat mahar pernikahan berbentuk origami tersebut berdasarkan pemesanan dan tingkat kesulitannya. Lama pengerjaannya sendiri memakan waktu satu atau dua hari, ada juga yang hingga berbulan-bulan.  Untuk karya seninya tersebut Dede biasa menghargai satu unitnya sekitar Rp 400.000 hingga Rp 700.000 tergantung pemesanan dari permintaan pembeli

Dengan keunikannya tersebut, maka tak heran jika Dede mulai banyak dilirik berbagai kalangan yang ingin menggelar pesta pernikahan, baik di dalam maupun diluar kota.

Di lain tempat, juga ada Clarisa Putri Aulia yang sukses dalam berbisnis mahar pernikahan kreatif ini. Seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Bukit Besar, palembang telah menekuni bisnis ini sejak tahun 2012. Tak tanggung-tanggung, berkat kreasi unik yang dilakukannya, Clarisa mampu meraih omzet puluhan juta.

Sedikit berbeda dengan origami milik Dede, Clarisa lebih memilih menciptakan karya seni berupa lukisan serta kaligrafi indah untuk dijadikan mahar pernikahan. Dengan ditambah ornamen koin logam serta uang kertas, menjadikan mahar pernikahan tersebut lebih unik dan kreatif. Sangat cocok bagi pasangan di generasi milenial saat ini.

Menurut Clarisa, calon pengantin lah yang biasanya akan mendatanginya dengan membawa gambar berupa konsep yang mereka inginkan. Selanjutnya, barulah dibutuhkan keahlian dan ketrampilan dari tangan Clarisa untuk memproses setiap permintaan tersebut menjadi sebuah karya seni yang indah.

Untuk harga satuannya, Clarisa mematok harga sekitar Rp 400.000 hingga Rp. 1.000.000, dengan puluhan pesanan yang harus ia kerjakan setiap bulannya. Kini, ketrampilan Clarisa tersebut telah dikenal mulai dari Aceh, Palembang, Lampung, hingga Jakarta yang membuatnya mampu meraih omzet puluhan juta setiap bulannya.

Yang jelas, saat ini para pengantin muda sudah bosan dengan berbagai konsep pernikahan yang monoton sehingga ini membuka peluang usaha baru bagi Sobiz yang ingin terjun di bisnis pernikahan dengan mengandalkan berbagai macam kreatifitas dan keunikannya masing-masing.

Jika Sobiz ingin mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tips dan trik dalam mengembangkan usaha, silakan bergabung bersama YellowPages dengan mengunjungi website www.YellowPages.co.id dan dapatkan juga berbagai bantuan serta dukungan untuk mendorong perkembangan usaha Sobiz.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.