Tips dan Artikel

Ingin Menjalankan Bisnis Dengan Keluarga Atau Kerabat? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Terlebih Dahulu

2018 October 25 14:14

Punya pengalaman berbisnis dengan keluarga? Jika belum, maka sudah seharusnya Sobiz membaca artikel berikut ini. Pada dasarnya, sebuah peluang usaha atau bisnis memang bisa dilakukan dengan siapa saja. Mulai dari hubungan antara investor dan pengusaha, usaha antara teman, atau juga bisa dengan keluarga.
Berbisnis dengan orang yang sudah dikenal seperti keluarga tentu memiliki banyak keuntungan bila dibandingkan dengan membangun sebuah usaha dengan orang yang baru dikenal dan orientasinya hanya kepada keuntungan pendapatan saja. Akan tetapi apakah berbisnis dengan  keluarga tidak memiliki kelemahan?
Jawabannya tentu saja ada. Sudah banyak contoh bisnis keluarga yang gagal dan hancur di tengah jalan lantaran tidak adanya batasan antara profesionalitas dan hubungan darah.  Maka dari itu, YellowPages akan menjelaskan secara singkat tentang bagaimana seharusnya menjalankan sebuah peluang usaha bersama keluarga? Apa yang harus dilakukan dan apa juga yang tidak boleh dilakukan?

1. Menyamakan visi dan misi untuk menentukan jenis usaha
Sebagai awal, pastikan terlebih dahulu Sobiz dan keluarga menentukan bisnis atau peluang usaha apa yang akan dijalankan. Yang terpenting, pemilihan jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan kesukaan dari para partner yang dalam hal ini adalah keluarga Sobiz sendiri. Karena faktanya, meskipun bersaudara dan satu keluarga, pasti akan terdapat visi dan misi yang berbeda dari tiap individu.
Sebagai contoh, jika Sobiz misalnya menginginkan sebuah bisnis yang bersifat harian, maka lain halnya saudara Sobiz yang lebih memilih bisnis bulanan. Hal-hal seperti inilah yang harus dihindari, sehingga menyamakan persepsi, visi dan misi dianggap sangat perlu.

2. Mencari kecocokan antara karakter serta kompetensi masing-masing
Salah satu syarat utama dalam menjalankan bisnis bersama partner adalah dengan sama-sama mencocokan karakter yang dimiliki. Tentu saja hal ini juga berpengaruh meskipun Sobiz hendak berbisnis bersama keluarga. Karena meskipun sedarah, belum tentu memiliki sifat dan karakter yang sama untuk bisa sejalan.
Pastikan jika saudara atau keluarga yang Sobiz ajak memiliki kompetensi dalam hal menjalankan bisnis sebelumnya. Sehingga tidak ada ketimpangan dalam hal berbisnis. Karena dengan kemampuan yang sama rata, maka setiap pembagian tugas akan lebih mudah dijalankan sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

3. Memastikan pembagian tugas, modal serta keuntungan secara terperinci
Tujuan dari membangun bisnis bersama partner adalah pembagian tugas yang merata. Maka dari itu, dalam berbisnis bersama keluarga pun kegiatan ini harus dilakukan. Pastikan bahwa sesama keluarga harus saling membagi pekerjaan secara adil sesuai dengan kemampuannya masing-masing.
Bahkan pembagian yang terperinci  juga harus dilakukan terhadap permodalan, serta keuntungan nantinya yang akan diraih, agar tidak terjadi selisih paham terhadap sesama partner atau keluarga.

4. Bisnis keluarga juga harus memiliki perjanjian hitam di atas putih
Meskipun bersama keluarga yang Sobiz anggap sangat dekat, namun bukan berarti bisnis tersebut bisa dijalankan tanpa adanya perjanjian hitam di atas putih atau perjanjian secara resmi. Pasalnya, jika tidak memiliki perjanjian seperti ini, maka bisnis tersebut akan terlihat lemah di mata hukum. Salah satu poin yang perlu tercantum di perjanjian ini adalah pembagian keuntungan, tanggung jawab, serta penyelesaian perselisihan.

Kesimpulan
Yang jelas dalam hal berbisnis dengan keluarga, tetap dibutuhkan adanya komitmen yang tinggi, serta sikap fokus terhadap operasional bisnis tersebut. Jadi pastikan bahwa Sobiz telah memenuhi beberapa poin di atas secara benar.
Jika Sobiz masih kesulitan untuk memulainya, maka Sobiz bisa langsung bergabung bersama komunitas YellowPages dengan mengunjungi website resmi YellowPages di YellowPages. Di sini, Sobiz akan mendapatkan berbagai informasi secara mendetail seputar peluang usaha, strategi pengembangan bisnis, bahkan mendapatkan pinjaman modal secara mudah.
Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi YellowPages sekarang juga!

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.