Tips dan Artikel

Ingin Pertahankan Usaha di Masa Pandemi? Simak Tips Berinovasi Berikut Ini!

2020 October 07 10:39

Pandemi covid-19 telah melemahkan daya beli publik dan perekonomian di semua industry. Di tengah kondisi krisis seperti sekarang ini, inovasi sangatlah diperlukan agar usaha yang kita jalankan dapat bertahan. Pelaku usaha perlu berinovasi baik untuk efisiensi produksi maupun membuat produk baru yang lebih dibutuhkan di lingkungan sekitar. Nah, YPagers.. berikut adalah tips singkat sukses dalam berinovasi.

  • Ide bisa didapatkan dimana saja

Tak perlu terlalu jauh untuk memikirkan ide dalam berinovasi. Coba perhatikan lingkungan sekitar. Ide bisa didapatkan dari masalah-masalah yang dialami di sekitar kita. Baik masalah yang dihadapi oleh diri kita sendiri maupun orang lain. Cobalah mencari solusi dari masalah yang ada dan cari tahu apa yang dibutuhkan orang-orang sekitar.

  • Ubah ide yang didapat menjadi inovasi

Ingat kata Bob Sadino, ide yang baik adalah ide yang dijalankan. Baik ide yang mudah ataupun sulit, hal yang paling penting adalah bagaimana caramu untuk merealisasikannya. Jangan biarkan idemu hanya tertanam di kepala tanpa adanya realisasi.

  • Hadapi setiap tantangan yang muncul

Setiap melakukan inovasi, kita pasti akan selalu menemukan banyak tantangan. Berusahalah untuk menghadapi setiap tantangan dengan kerjasama tim. Bila diperlukan, berdiskusilah dengan tenaga ahli untuk memecahkan masalah.

  • Kegagalan adalah bagian dari jalan menuju sukses

Jangan dulu menyerah jika di tengah jalan mengalami kegagalan. Hal yang terpenting ketika mengalami kegagalan adalah bagaimana kita belajar dari kegagalan tersebut. Teruslah mencoba menggali peluang-peluang dari kegagalan yang dialami.

  • Berusahalah untuk konsisten dan pantang menyerah

Ketika berhasil pada satu ide, jangan cepat merasa puas. Jangan pula cepat menyerah ketika mengalami satu kegagalan. Teruslah konsisten untuk melakukan pengembangan dari setiap ide atau inovasi yang sudah berhasil dilakukan.

YPagers, pandemi memang menyulitkan semua sektor. Tapi bukan berarti kita tidak bisa bertahan di masa sulit. Percayalah bahwa jika kita bersungguh-sungguh, bukan hal mustahil bagi pelaku usaha untuk kembali bangkit di masa krisis. Ingat kata pepatah bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses Semoga tips kali ini bermanfaat ya.

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.