Tips dan Artikel

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Ikuti 1 Cara Ini!

2018 March 02 21:12

Insomnia atau kesulitan untuk tidur di malam hari merupakan gejala kelainan yang sulit diatasi. Padahal besok pagi kamu harus bangun pagi untuk siap-siap kembali beraktivitas.

Hal ini wajar terjadi oleh segelintir orang, bahkan banyak yang mengalaminya. Meski sudah banyak tips dan saran untuk mengatasi masalah insomnia, namun permasalahan kesulitan tidur ini sulit diatasi, bahkan beberapa malah membuat kita rumit.

Namun, saat ini kamu sudah tidak perlu khawatir lagi, karena dengan satu cara mudah saja kamu sudah bisa melepaskan kebiasaan insomnia mu, sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Dikutip dari Kompas.com, Jum’at (02/01/2018) Riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Sussex menemukan, membaca buku favorit adalah jalan terbaik untuk membuat kamu tidur nyenyak. Percaya tidak?

Hasil riset ini mengungkap, membaca mampu mengurangi tingkat stres sebanyak 68 persen. Hal ini termasuk jumlah yang lebih tinggi daripada tips lain seperti minum teh, mendengarkan musik, atau berjalan-jalan.

Kesimpulan dari riset yang dilakukan Dr. Lewis, ternyata kamu hanya perlu membaca selama enam menit untuk secara signifikan merilekskan tubuh dan pikiran kamu. Maka, cara ini dapat kamu terapkan sebagai ritual di malam hari agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Sebetulnya, dengan membaca buku tidak hanya membantu kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, membaca buku juga dapat mengalihkan perhatian atau kebiasaan kamu dari gadget yang sangat mengganggu kualitas mata hinggu kualitas tidur mu.

Mengutip dari Kompas.com, Jum’at (02/01/2018) Menurut sebuah riset tahun 2015, mahasiswa yang secara konsisten menemukan dirinya terlalu sibuk dengan media sosial, merasa lelah sepanjang hari. 

Hasil riset ini bahkan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mereka juga terpengaruh secara negatif. Riset lain yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan hasil serupa. 

Para periset menemukan bahwa semakin banyak orang menggunakan media sosial saat berada di tempat tidur, memiliki risiko yang semakin besar untuk menderita gangguan tidur.

Mungkin saja kamu ada kepikiran untuk membaca buku yang membosankan jika ingin tidur dengan nyenyak. Tapi, nampaknya salah jika kamu melakukan hal tersebut. Riset dari perusahaan Mattres online di Inggris merekomendasikan kamu untuk membaca buku yang bertemakan ringan dan sesuai dengan kesukaan kamu agar tidak perlu berpikir kritis atau membuat otak kamu menjadi terbebani. hal ini dianjurkan agar kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Serta jauhkan diri dari teknologi sebelum tidur, mengunakan minyak aroma terapi di kamar mu, hingga mandi dengan air hangat juga bisa menjadi cara terampuh.

Mudah kan? Selamat mencoba ya, Sobiz! 😉 (akw)

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI. 

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.