Tips dan Artikel

Inilah 7 Rahasia Kembangkan Bisnis dengan Cepat

2018 January 30 14:09

Pemilik bisnis baru memiliki banyak tujuan ketika mereka mulai terjun berbisnis. Salah satu tujuan yang ditemukan ialah perkembangan bisnis mereka dengan cepat. 
Namun, mengembangkan bisnis pasti butuh proses. Tidak ada jurus pasti bagaimana mengembangkan bisnis dengan cepat. 
Namun, tidak ada salahya kamu mencoba beberapa cara berikut yang biasa dilakukan oleh pengusaha-pengusaha sukses dalam mengembangkan bisnisnya:
Pilih orang yang tepat

Tanpa memedulikan ukuran usaha kamu, pada akhirnya kamu akan merekrut orang dari luar untuk diperbantukan mengelola bisnis. 
Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat kamu memulai usaha. 
Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi bags untuk usahanya, tapi merekrut orang yang salah yang pada akhirnya tidak bisa menjalankan visi tersebut.
Fokus ke sumber pendapatan

Menurut jurnalis sekaligus pengamat bisnis Bill O’Reilly, daripada kamu sibuk bagaimana caranya mendapatkan pelanggan baru terus menerus, lebih baik kamu fokus kepada pelanggan yang sudah ada.

Kamu dapat melakukan ini dengan menerapkan program pelanggan loyalitas, atau mencoba strategi pemasaran berdasarkan perilaku dari pembelian sebelumnya untuk mendorong bisnis yang berulang.
Ketahui bisnismu

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. 
Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang bisnis ini.

Tidak hanya investor, dalam menggaet pelanggan juga diperlukan wawasan tentang bisnis yang kamu tekuni. 
Dengan begitu, pelanggan akan yakin memilih orang yang tepat dan mengerti apa yang dibutuhkan.
Kurangi resiko

Risiko adalah bagian tak terelakkan dari memulai dan mengembangkan bisnis. Tidak mungkin untuk mengendalikan segala sesuatu, tetapi ada banyak cara untuk membatasi ancaman internal dan eksternal untuk perusahaan pertumbuhan bisnismu.

Maka dari itu sebagai seoarang wirausaha kita harus mengetahui apa saja resiko yang nantinya di hadapi oleh pembisnis itu sendiri. 
Selain itu kita harus mengetahui bagaimana cara menanggulangi resiko yang ada agar nantinya ketika suatu masalah itu datang kita bisa mengatasinya dengan baik.
Beradaptasi

Salah satu alasan mengapa banyak perusahaan kecil bergerak lebih cepat ialah kemampuan sumber daya manusianya menanggapi perubahan pasar. 
Pembangunan yang cepat dari sisi produk untuk menjawab kebutuhan pasar akan membuat bisnis berkembang cepat

“Dengan membiarkan diri kamu untuk beradaptasi dan berubah dengan cepat, kamu dapat menguji pendekatan yang berbeda untuk bisnis dan mencari tahu apa yang terbaik,” seperti dikutip Business News Daily.
Ketahui angka dasar

Mengetahui berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. 
Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun kamu akan buka. Itulah angka dasar, atau jumlah minimum pendapatan yang kamu butuhkan setiap hari. 
Jika kamu tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang.
Selalu berpikir ke depan

Ketika kamu memikirkan perkembangan bisnis kamu agar bisa cepat, kamu tidak bisa berpikir dengan terus menghadap ke belakang. 
Rencanakan langkah berikutnya, bahkan jika itu berarti mengantisipasi semua skenario adalah cara terbaik untuk tetap membumi dan aman untuk bisnis kamu berkembang.

Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. 
Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

(***)

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.