Tips dan Artikel

Intip Kerajaan Bisnis Johnny Andrean, Si Anak Rantau Singkawang yang Sukses

2018 February 02 14:30

Siapa yang tidak mengenal Johnny Andrean? Seorang pengusaha sukses Indonesia yang bisnisnya melambung dengan 3 brand yang eksis di Indonesia, yaitu J.CO Donuts & Coffee, Breadtalk, dan Johnny Andrean Salon.

Menggapai kesuksesan hingga seperti saat ini tentu bukan hal yang mudah dan dengan instan diraih Johnny. 

Baca juga: 8 Sifat Johnny Andrean Ini Bantu Kamu Raih Kesuksesan 

Banyak perjuangan yang besar untuk bisa mencapai hasil seperti saat ini. Johnny pun tidak langsung melahirkan ketiga bisnisnya sekaligus. Ia menjalani dan menekuni bisnisnya satu per satu hingga menjadi besar. 

Berikut adalah perjalanan bisnis seorang Johnny Andrean seperti dilansir dari Wartaekonomi, Jum’at (02/02/2018).
Merintis Bisnis Salon di Perantauan

Johnny Andrean adalah seorang pengusaha franchise ternama di Indonesia. Bisnisnya Ia mulai dari nol. Artinya, Ia sendirilah yang menjadi pendiri sekaligus pionir pembentukan bisnisnya sejak awal.

Bisnis awal Johnny Andrean adalah salon. Salon itu dibuat pertama kali pada tahun 1980-an di bagian ujung Jakarta Utara. 

Usaha salon dipilihnya karena bekal skill yang diajarkan oleh ibunya. Membuat salon baru pada zaman itu tentunya bukan hal mudah. 

Ada lika-liku tersendiri yang menjadi batu sandungan bagi Johnny Andrean.

Masalah yang pernah dialaminya adalah cara mempertahankan para pekerja di bidang hair stylish agar tidak pindah ke salon lain. 

Hal ini sangat penting karena tidak mudah untuk mempertahankan pekerja jika persaingan di satu bidang sangat ketat. 

Selain itu, terdapat pula masalah yang sangat besar yakni krisis moneter tahun 1998. Penjarahan terjadi di 19 titik cabang salon Johnny Andrean pada Mei 1998 sehingga banyak kerugian yang diperolehnya. 

Namun, ia selalu optimis dan membangun kembali bisnisnya hingga sukses.
Kesuksesan BreadTalk

Setelah Johnny Andrean Salon sukses berjalan, Ia membuka franchise di bidang kuliner yaitu BreadTalk. 

Perusahaan roti asal Singapura tersebut dipilihnya karena rasa dan peminat yang tinggi sehingga bukan tidak mungkin BreadTalk akan menjadi primadona roti Indonesia. 

Usaha tersebut dimulai sejak Maret 2003 dengan gerai pertama di Mall Kepala Gading, Jakarta.

Berbagai inovasi dikerjakan oleh pria sukses ini. Karena dapur pembuatan roti didesain tampak dari bagian display, pengunjung bisa menilai tingkat kebersihan dan kecanggihan teknologi pembuatannya sehingga semakin yakin untuk membeli produk makanan tersebut. 

Selain itu, kualitas juga selalu dijaga oleh Johnny Andrean dari segi rasa, aroma, dan kebersihan. Inovasi inilah yang menjadi sorotan para pengunjung hingga omzet gerainya selalu meningkat.
J.CO Donuts & Coffee yang Mendunia

Setelah belajar dari bisnis waralaba BreadTalk, Johnny Andrean merasa ingin mengembangkan sendiri bisnis di bidang kuliner. 

Namun, berbeda dengan BreadTalk yang dibeli dari perusahaan lain, J.CO Donuts & Coffee benar-benar asli rintisannya. 

Setelah melakukan berbagai riset dan keilmuannya di bidang membuat roti yang diperoleh sebelum membuka gerai BreadTalk, Johnny Andrean akhirnya memutuskan untuk membuka J.CO Donuts & Coffee dengan gerai pertama pada 2005.

Hingga saat ini, jumlah gerai J.CO Donuts & Coffee di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 gerai. 

Padahal, jumlah tersebut belum termasuk gerai yang dibuka di negara tetangga yaitu Malaysia, Singapura, Cina, serta Filipina. 

Bukan tidak mungkin perusahaan donat yang telah merambah negara tetangga itu akan mengambil hati konsumen di dunia.

(***)

Sumber: Wartaekonomi 

Dapatkan informasi menarik lainnya dengan mendaftar DISINI.

 

Artikel Terkait

  • Tidak ada data

copyrights © 2018 MDMedia.   All rights reserved.